PENGARUH KETERAMPILAN INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 8 PALOPO

HASRAH, HASRAH (2022) PENGARUH KETERAMPILAN INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)

Abstract

ABSTRAK
Hasrah, 2022. “Pengaruh Keterampilan Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap
Kinerja Guru Di SMP Negeri 8 Palopo”.Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Dr. H. Syamsu
Sanusi M.Pd.I. dan Dr. Hj. Fauziah Zainuddin, M. Ag.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Keterampilan Interpersonal Kepala
Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan:
Untuk mengetahui bagaimana keterampilan interpersonal kepala sekolah di SMP
Negeri 8 Palopo; Untuk mengetahui bagaimana kinerja guru di SMP Negeri 8
Palopo; dan Untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan interpersonal
kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasinya adalah seluruh guru
SMP Negeri 8 Palopo tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 58 guru.
Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling. Sampel yang
digunakan, sebanyak 28 guru.Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi.
Selanjutnya, data penelitian dianalisis statistik menggunakan pengelohan data
yaitu: Analisi statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian
deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan interpersonal kepala sekolah
diperoleh skor mean sebesar 117.86, dari skor minimum sebesar 97 dan maximum
sebesar 133 dengan standard deviaton sebesar 10.240, dan variance sebesar
104.864 termasuk kategori sedang dengan frekuensi 28 guru dan presentase
sebesar 18.3%, dan kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo menunjukkan bahwa
skor mean kinerja guru adalah 71.43 dari skor minimum sebesar 64 dan maximum
sebesar 80 dengan standard devition sebesar 4.281 dan variance sebesar 18.328
termasuk kategori baik dengan frekuensi 28 guru persentase sebesar 0%. Adapun
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan interpersonal
kepala sekolah terhadap kinerja guru berpengaruh secara langsung, namun tetap
didukung oleh koefesien determinasi R2 (Rsquer) oleh determinasi sebesar 0,228.
Hasil ini berarti ada pengaruh secara simultan keterampilan interpersonal kepala
sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 22,8% sedangkan sisanya di
pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Keterampilan Interpersonal Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:58
Last Modified: 22 Jul 2024 03:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item