IMPLEMENTASI TARI KREASI LUWU UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK PEMBINA KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA PROVINSI SULAWESI SELATAN

MUTIARA, MUTIARA (2024) IMPLEMENTASI TARI KREASI LUWU UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK PEMBINA KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA PROVINSI SULAWESI SELATAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (7MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)

Abstract

ABSTRAK
Mutiara, 2024. “Implementasi Tari Kreasi Luwu Untuk Meningkatkan Motorik
Kasar Anak Kelompok B di TK Pembina Kecamatan Baebunta Kabupaten
Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan.” Skripsi Program Studi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Lisa Aditya
Dwiwansyah Musa dan Eka Poppi Hutami.
Skripsi ini membahas tentang Kemampuan Motorik Kasar Anak Didik TK
Pembina Kecamatan Baebunta yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan
perkembangan motorik kasar anak di TK Pembina Baebunta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan dua siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 4 kali pertemuan dan Siklus II
yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B
TK Pembina Baebunta Tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 15 orang anak,
yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan
data dari penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian
yang digunakan adalah rubrik penilaian pedoman lembar observasi anak didik.
Data yang dikumpul kemudian dianalisis menggunakan Teknik pengumpulan data
melalui observasi, dokumentasi, refleksi, evaluasi dan teknik analisis data
kuantitatif.
Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan skor hasil penelitian yang
menunjukkan peningkatan hasil belajar anak. Skor pada kondisi awal atau pra
tindakan sebesar 31,25% dari semua indikator dan belum memenuhi kategori
baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar 58% dari semua jumlah
indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus II dengan rata-rata skor
89,5% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan mencapai kategori
baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) ini berhasil sehingga
peneliti merekomendasikan pembelajaran menggunakan Tari Kreasi Luwu dapat
meningkatkan perkembangan motorik kasar anak di TK Pembina Baebunta.
Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar, Tari Kreasi Luwu
xxvi
ABSTRACT
Mutiara, 2024. "Implementation of the Luwu Creation Dance to Improve the
Gross Motor Skills of Group B Children in the Pembina Kindergarten,
Baebunta District, North Luwu Regency, South Sulawesi Province." Thesis
for Early Childhood Islamic Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised
by Lisa Aditya Dwiwansyah Musa and Eka Poppi Hutami.
This thesis discusses the gross motor skills of students at Pembina
Baebunta Kindergarten which aims to determine the increase in gross motor
development of children at Pembina Baebunta Kindergarten.
The type of research used is Classroom Action Research (PTK), with two
cycles, namely Cycle I which consists of 4 meetings and Cycle II which consists
of 4 meetings. The subjects of this research were 15 children from group B of the
Pembina Baebunta Kindergarten for the 2022-2023 academic year, consisting of 6
boys and 9 girls. The data collection techniques for this research are observation
and documentation. The research instrument used was an assessment rubric for
student observation sheet guidelines. The data collected was then analyzed using
data collection techniques through observation, documentation, reflection,
evaluation and quantitative data analysis techniques.
The success of this research is determined by the research results scores
which show an increase in children's learning outcomes. The score in the initial or
pre-action condition was 31.25% of all indicators and did not meet the good
category in Cycle I with an average observation score of 58% of all indicators and
did not meet the good category. Cycle II with an overall average score of 89.5%
of all indicators and reached the good category. Thus, this classroom action
research (PTK) was successful so that the researchers recommended learning
using Luwu Creation Dance to improve children's gross motor development at
Pembina Baebunta Kindergarten.
Keywords: Gross Motor Development, Luwu Creative Dance

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:48
Last Modified: 22 Jul 2024 05:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9127

Actions (login required)

View Item View Item