DJALASI, SRI HARTINI (2024) PENERAPAN METODE KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sri Hartini Djalasi, 2024. “Penerapan Metode Keteladanan Guru dalam
Membentuk Akhlak Terpuji Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Negeri 2 Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh A. Riawarda dan Ali Nahruddin Tanal.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Keteladanan Guru dalam
Membentuk Akhlak Terpuji Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Negeri 2 Palopo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode
keteladanan guru PAI dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik di SMKN 2
Palopo; untuk mengetahui akhlak terpuji peserta didik sebagai dampak dari
penerapan metode keteladanan guru PAI di SMKN 2 Palopo; untuk mengetahui
kendala guru PAI dalam menerapkan metode keteladanan dalam membentuk
akhlak terpuji peserta didik di SMKN 2 Palopo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed
methods) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
dilakukan di SMKN 2 Palopo dengan subjek penelitian peserta didik SMKN 2
Palopo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif
Miles, Huberman, dan Saldana untuk data kualitatif, kemudian untuk data
kuantitatif dilakukan analisis statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode
keteladanan guru PAI dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik, di
antaranya: guru PAI memberikan contoh datang tepat waktu, mengajarkan
perilaku sikap sopan santun kepada siapapun, adil dalam perilaku dan perbuatan,
mengajarkan sikap jujur dalam perkataan dan perbuatan, mencontohkan secara
langsung sikap tolong menolong tanpa pamrih, dan menumbuhkan kesadaran
peserta didik akan tanggung jawab. 2) Dampak dari penerapan metode
keteladanan guru PAI terhadap akhlak peserta didik menunjukkan dua hasil, di
antaranya: a) angket yang dibagikan kepada 93 peserta didik, diperoleh tiga
kategori yaitu 22,11% peserta didik berada pada kategori rendah, 58,95% peserta
didik berada pada kategori sedang, dan 18,95% peserta didik berada pada kategori
tinggi; b) angket yang dibagikan kepada 6 guru PAI dalam melakukan penilaian
terhadap 48 peserta didik, diperoleh tiga kategori yaitu 8,33% peserta didik berada
pada kategori rendah, 72,92% peserta didik berada pada kategori sedang, dan
18,75% peserta didik berada pada kategori tinggi. 3) Kendala guru PAI dalam
menerapkan metode keteladanan dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik
yaitu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci: Metode Keteladanan dan Akhlak Terpuji
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:28 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 02:42 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9143 |
Actions (login required)
View Item |