NURHAYATI, NURHAYATI (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP ETIKA BERBUSANA DI LUAR SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (132kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurhayati, 2024. “Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Etika
Berbusana Di Luar Sekolah Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah
Negeri kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh: Mawardi dan Pertiwi Kamariah Hasis.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak
terhadap Etika Berbusana Di luar Sekolah Peserta Didik Kelas XI di Madrasah
Aliyah Negeri Kota Palopo. Adapun tujuan penelitian yaitu: 1) untuk mengetahui
etika berbusana peserta didik di luar sekolah. 2) untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran aqidah akhlak terhadap etika berbusana peserta didik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian survey dengan jumlah populasi kelas XI di MAN Kota Palopo
sebanyak 217 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu sample random sampling dan mengambil sebanyak 15% dari
jumlah populasi dan diperoleh sampel sebanyak 33 peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan: Observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik
analisis data yang digunakan: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linearitas,
dan uji koefisien korelasi dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan SPSS
for Windows Ver. 22.
Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan
dalam penelitian ini bahwa ada yang positif dan signifikan antara pengaruh
pembelajaran aqidah akhlak terhadap etika berbusana dengan hasil analisis data
pada taraf interval 5% yang menunjukkan bahwa thitung aqidah akhlak = 3.123
lebih besar dari ttabel = 2,03981. Hasil analisis pada angka R Square dalam
perhitungan diperoleh dengan nilai 0,127 atau sama dengan 12,7%, yang berarti
besar pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap etika berbusana adalah
12,7% sedangkan sisanya yaitu sebesar 87,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya
yang berasal dari luar regresi. Berdasarkan distribusi pembelajaran aqidah akhlak
terdapat 24 peserta didik (73%) dikategorikan baik, 9 peserta didik (27%)
dikategorikan cukup, dan distribusi etika berbusana terdapat 21 peserta didik
(64%) dikategorikan baik, 12 peserta didik (36%) dikategorikan cukup.
Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Etika Berbusana
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:55 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 02:56 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9149 |
Actions (login required)
View Item |