NURSAMSI, NURSAMSI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING DOOR PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGHORMATI DAN MENYAYANGI ORANG TUA DAN GURU DI KELAS XI SMAN 9 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (622kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (529kB) |
|
Text
SKRIPSI NURSAMSI (PGMI 2019) REPOSITORY.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nursamsi, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Learning Door
Pada Mata Pelajaran PAI Materi Menghormati dan Menyayangi
Orang Tua dan Guru di Kelas XI SMAN 9 Luwu”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Prof. Dr. Muhaemin, M.A dan Muhammad Ihsan S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
berbasis learning door pada mata pelajaran PAI materi menghormati dan
menyayangi orang tua dan guru di kelas XI SMAN 9 Luwu. Penelitian ini
bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan media
pembelajaran berbasis learning door pada mata pelajaran PAI materi
menghormati dan menyayangi orang tua dan guru di kelas XI SMAN 9 Luwu, 2)
Untuk menganalisis kevalidan media pembelajaran berbasis learning door pada
mata pelajaran PAI materi menghormati dan menyayangi orang tua dan guru di
kelas XI SMAN 9 Luwu, 3) Untuk menganalisis praktikalitas melalui respon guru
terhadap media pembelajaran berbasis learning door pada mata pelajaran PAI
materi menghormati dan menyayangi orang tua dan guru di kelas XI SMAN 9
Luwu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and
Development), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAN 9
Luwu dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan
analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
berbasis learning door dinyatakan valid berdasarkan penilaian dari ketiga
validator ahli dengan perolehan persentase 95% oleh ahli media, 96,6% oleh ahli
materi, dan 90% oleh ahli bahasa. Adapun pada uji praktikalitas melalui respon
guru diperoleh persentase 97,5% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran
berbasis learning door memenuhi kriteria sangat praktis.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Learning Door, Menghormati dan Menyayangi
Orang Tua dan Guru, PAI di SMAN 9 Luwu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9153 |
Actions (login required)
View Item |