ARWANSYAH, FINGKI (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (192kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fingki Arwansya, 2024.”Efektivitas Pendekatan Problem Solving dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Palopo." Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Munir Yusuf dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo yang tidak menggunakan pendekatan problem
solving, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Palopo yang menggunakan pendekatan problem solving dan untuk mengetahui
keefektifan pendekatan problem solving dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi
eksperimental. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 300 siswa dan terbagi
dalam 10 kelas, yaitu kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, VIIID, VIIIE, VIIIF, VIIIG, VIIIH,
VIIII dan VIIIJ. Sampel dipilih menggunakan metode cluster random sampling
yang merupakan proses pengambilan anggota sampel dari populasi secara acak
tanpa mempertimbangkan strata di dalam populasi, sampel dalam penelitian ini
ialah kelas VIII A, yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas
VIII B, yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang dipilih
untuk penelitian ini berbentuk pertanyaan yang dirancang berdasarkan indikator
pemecahan masalah matematis. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan menggunakan tes yang diberikan kepada setiap kelas melibatkan soal-soal
pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis
statistik deskriptif, analisis sttatistik inferensial dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo yang tidak menggunakan pendekatan problem
solving diperoleh nilai rata-rata post-test kelas kontrol ialah 62,97 yang dapat
diklasifikasikan dengan kategori cukup. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Palopo yang menggunakan pendekatan problem solving
diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen ialah 73,73 yang dapat
diklasifikasikan dengan kategori baik. (3) Pengujian hipotesis yang menggunakan
Paired Sampel T Test diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,00, karena sig (2-tailed) <
0,05. Berdasarkan uji hipotesis tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan
pendekatan problem solving efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika
siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo.
Kata Kunci: Efektivitas, Problem Solving, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:38 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 07:38 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9160 |
Actions (login required)
View Item |