ZHALZABILLA, ZHALZABILLA (2024) PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID “BELAJAR MEMBACA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
ZHALZABILLA, 2024. “Pemanfaatan Aplikasi Android “Belajar Membaca”
Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di Kelas I SDN 41
Batu Putih Kota Palopo” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Firman dan Hisbullah
Skripsi ini membahas mengenai peningkatan membaca siswa melalui
aplikasi android belajar membaca di kelas I SDN 41 Batu Putih Kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa
menggunakan aplikasi android belajar membaca dan untuk mengetahui
peningkatan keterampilan membaca siswa pada di kelas I SDN 41 Batu Putih
kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri atas beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan atau observasi dan (4) refleksi. Fokus penelitian untuk meningkatkan
keterampilan membaca siswa dengan menggunakan aplikasi android belajar
membaca. Adapun subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN 41 Batu
Putih Kota Palopo berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I gambaran
aktivitas belajar siswa pertemuan I mendapatkan persentase sebesar 27%
(kurang), pertemuan II sebesar 36% (kurang) dan pertemuan III sebesar 55%
(baik). Persentase nilai keseluruhan rata-rata pada siklus I sebesar 39% (kurang).
Pada siklus II gambaran aktivitas belajar siswa pertemuan I mendapatkan
persentase sebesar 61% (baik), pertemuan II sebesar 86% (sangat baik) dan
pertemuan III sebesar 100% (sangat baik). Persentase nilai keseluruhan rata-rata
pada siklus II sebesar 82% (sangat baik). Adapun persentase kemampuan
membaca siswa pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 39% (kurang) dan
siklus II mendapatkan pesentase sebesar 82% (sangat baik). Berdasarkan hasil
persentase aktivitas belajar dan peningkatan kemampuan membaca siswa
menggunakan aplikasi android belajar membaca dapat disimpulkan bahwa siswa
mengalami peningkatan keterampilan membacanya dengan menggunakan aplikasi
android “Belajar Membaca”
Kata Kunci : Aplikasi Android, Keterampilan Membaca, Belajar Membaca.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 028 Membaca 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 028 Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:05 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9176 |
Actions (login required)
View Item |