CHELFI, CHELFI (2024) DAMPAK PSIKOSOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCAPANDEMI DI UPT SD 041 PADANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Chelfi, 2024, “Dampak Psikososial Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka
Pascapandemi di UPT SD 041 Padang” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh
Nurdin K., dan Muhammad Guntur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan
dampak psikososial peserta didik pada pembelajaran tatap muka pasca-pandemi di
UPT SD 041 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun
subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan wali kelas pada kelas VI UPT SD
041 Padang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah sekolah daring di lakukan dan
pertemuan tatap muka kembali di lakukan sangat berdampak pada pembelajaran,
bukan itu saja juga berpengaruh pada sikap sosial dan emosi peserta didik. Hal ini
ada beberapa siswa memiliki perubahan yaitu kurangnya bersosialisasi terhadap
teman sebayanya di sekolah karena lebih banyak menghabiskan waktunya untuk
melakukan kegiatan bermain di rumah dan minat belajarnya menjadi menurun.
Penting bagi pendidik dan orang tua untuk memberikan dukungan tambahan kepada
peserta didik yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi . Dampak yang dirasakan
oleh siswa yang mana selama pembelajaran daring banyak materi yang tidak mereka
pahami, kebiasaan bermalas-malasan saat pembelajaran daring juga menjadi alasan
siswa belum siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Oleh karena itu
perlunya pendekatan yang terintegrasi yang dilakukan guru untuk mendukung
kesejahteraan mental dan emosional peserta didik dan memperhatikan kebutuhan
psikososial peserta didik secara holistik, melalui dukungan emosional, pembelajaran
sosial, dan perhatian terhadap kesehatan mental, dan dibutuhkan upaya kolaboratif
antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk mendukung pemulihan dan
pertumbuhan peserta didik secara menyeluruh.
Kata kunci : Dampak Psikososial, Pembelajaran Tatap Muka, Pascapandemi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:22 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9177 |
Actions (login required)
View Item |