PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASHCARD MULTISENSORI PADA MATERI MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 277 SAMBIREJO KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU

NURLAELI, NURLAELI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASHCARD MULTISENSORI PADA MATERI MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 277 SAMBIREJO KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurlaeli, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Flashcard Multisensori pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas
1 SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo.
Dibimbing oleh Firman dan Mirnawati.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Flashcard Multisensori pada Materi Membaca Permulaan
Siwa Kelas 1 SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran
interaktif berbasis flashcard multisensori pada materi membaca permulaan (2)
Mengetahui tingkat validitas dari media pembelajaran interaktif berbasis flashcard
multisensori pada materi membaca permulaan (3) Mengetahui tingkat
praktikalitas dari media pembelajaran interaktif berbasis flashcard multisensori
pada materi membaca permulaan yang di uji cobakan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu, penelitian pengembangan R&D
(Research and Development). Penggunaan model pengembangan ADDIE yang
dimulai dari tahap analisis (analysis), perancangan (desain), pengembangan
(development), implemnetasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 tahun ajaran 2024. Adapun objek
penelitian yaitu penyajian media pembelajaran menggunakan flashcard
multisensori pada materi membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 277 Sambirejo.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, menggunakan lembar angket
analisis kebutuhan guru dan siswa, data validasi dan praktikalitas.
Berdasarkan hasil validitas media flashcard multisensori yang telah
divalidasi dengan kategori diantaranya ahli desain mendapatkan nilai persentase
80% dengan kategori valid. Sedangkan ahli materi mendapatkan nilai persentase
94,5% dengan kategori sangat valid. Hasil yang sangat memuaskan dan positif
dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 97,30%
dengan kategori sangat praktis dan guru kelas dengan nilai yang diperoleh dari
hasil uji kepraktisan sebesar 93,33% dengan kategori sangat praktis.
Kata kunci: Pengembangan, Flashcard Multisensori, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 028 Membaca
000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 028 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:27
Last Modified: 25 Jul 2024 01:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9178

Actions (login required)

View Item View Item