PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU DI MI/SD DESA BELOPA KABUPATEN LUWU

WELANA and WELANA (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU DI MI/SD DESA BELOPA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Welana, 2024, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru di
MI/SD Desa Belopa Kabupaten Luwu” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh (I)
Firman, dan pembimbing (II) Lilis Suryani.
.
Penelitian ini bertujuan: (1) u/mengetahui kompetensi pedagogik terhadap
kinerja guru di MI/SD Desa Belopa Kabupaten Luwu, (2) u/mengetahui pengaruh
signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru di MI/SD Desa
Belopa Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto
xxvii
dan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara pembagian angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan analisis statistik
deskriptif melalui perhitungan nilai rata-rata pada kompetensi pedagogik sebesar
56 % dengan kategori baik, dan pada kinerja guru diperoleh nilai 51 % dengan
kategori baik. (2) Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana
menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kinerja guru dengan besarnya distribusi F (Fhitung) sebesar 7,502 dengan
nilai Ftabel sebesar 2,477 dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 (0,010 < 0,05).
Adapun nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,425 yang mengandung
pengertian bahwa pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru adalah
sebesar 42,5 %. Hal ini berarti nilai rata-rata kinerja guru sebesar 42,5 % yang
ditentukan oleh nilai kompetensi pedagogik melalui persamaan regresi. Sisanya
57,5 % ditentukan oleh faktor lain.
Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru, Regresi Linier Sederhana,
Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:33
Last Modified: 25 Jul 2024 01:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9179

Actions (login required)

View Item View Item