PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TEMAORGAN TUBUH MANUSIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS 5 SDN 18 MAROANGIN

HUSNA, HASMA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TEMAORGAN TUBUH MANUSIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS 5 SDN 18 MAROANGIN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
HasmaHusna, 2024.“Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Tema Organ
Tubuh ManusiaTerintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Siswa
Kelas 5 SDN 18 Maroangin”. Skripsi Program Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Muhammad
Guntur dan Sukmawaty.
Skripsi ini membahas Pengembangan Video Animasi PembelajaranTema
Organ Tubuh Manusia Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Siswa Kelas 5
SDN 18 Maroangin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui analisis
kebutuhan dari produk yang dikembangkan dalam video animasi pembelajaran
tema organ tubuh manusia terintegrasi nilai-nilai keislaman pada siswa kelas 5
SDN 18 Maroangin, (2) mengetahui rancangan video animasi pembelajaran
siswa kelas 5 SDN 18 Maroangin, (3) mengetahui validitas pengembangan video
animasi pembelajaran pada siswa kelas 5 SDN 18 Maroangin, (4) mengetahui
praktikalitas pembelajaran video animasi tema organ tubuh manusia pada siswa
kelas 5 SDN 18 Maroangin.
Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data dan pembahasan, maka
dapat disimpulkan bahwa: (1) Analisis kebutuhan dari produk yang
dikembangkan dalam video animasi pembelajaran tema organ tubuh manusia
terintegrasi nilai-nilai keislaman pada siswa kelas 5 SDN 18 Maroangin yakni
analisis masalah dan analisis kebutuhan. (2) Rancangan video animasi
pembelajaran di SDN 18 Maroangin terdiri dari rancangan awal yaitu pembuatan
peta materi dan pembuatan storyboad selanjutnya tahap pengembangan yaitu
pemilihan karakter, penambahan materi serta penambahan animasi. (3) Validitas
pengembangan video animasi pembelajaran terdiri dari ahli materi dengan skor
93,75%, ahli media mendapat skor 83,75% dan ahli bahasa dengan skor 90%
serta semua masuk dalam kategori “sangat layak”. (4) Praktikalitas video
animasi pembelajaran dari guru mendapat skor 97,73% masuk dalam kategori
“sangat praktis” dan untuk siswa mendapat skor 71,3% serta masuk dalam
kriteria “praktis”.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi pembelajaran di
sekolah dapat membantu guru dalam menjelaskan materi Pelajaran kepada siswa
serta penggunaan video animasi pembelajaran dapat dikembangkan dan
digunakan saat proses belajar mengajar.
Kata Kunci:Pengembangan, Video Animasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X0 Islam Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:40
Last Modified: 25 Jul 2024 01:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9181

Actions (login required)

View Item View Item