ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENYIAPKAN ANAK PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19 KELURAHAN BENTENG KOTA PALOPO

ZAKIAH SURYA, PUTRI (2023) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENYIAPKAN ANAK PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19 KELURAHAN BENTENG KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Zakiah Surya Putri,2023. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Menyiapkan Anak
Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 Kelurahan
Benteng Kota Palopo”.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K. dan Lilis
Suryani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran orang tua dalam
menyiapkan anak belajar tatap muka serta kendala-kendala yang orang tua temui
dalam menjalankan peran orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,
angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Adapun subjek penelitian ini adalah orang tua anak di Kelurahan Benteng. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua cukup penting dalam kesiapan anak
untuk mengikuti pembelajaran tatap muka, adapun peran orang tua dalam
menyiapkan anak belajar tatap muka yakni sebagai fasilitator, sebagai pengajar dan
pendidik, sebagai motivator dan orang tua memberikan teladan bagi anaknya.
Adapun peran yang paling penting yakni menyediakan fasilitas bagi anak seperti
menyediakan perlengkapan sekolah anak, menyiapkan pakaian, memberikan uang
jajan dan yang paling penting menyiapkan protokol kesehatan yang akan digunakan
anak kesekolah seperti masker dan handsanitizer. Dalam hal ini, ada beberapa
orang tua yang mampu memaksimalkan peran mereka. Namun, ada beberapa
kendala yang dialami orang tua yang peneliti temukan seperti kurangnya waktu
orang tua dan orang tua cukup disibukkan dengan pekerjaan mereka sehingga orang
tua tidak maksimal dalam menyiapkan anak mereka, sehingga ada beberapa anak
jarang datang ke sekolah dan merasa malas karena sudah nyaman dengan
pembelajaran daring. Selain itu, tingkat ekonomi juga berpengaruh dalam
pemenuhan fasilitas sekolah anak, jika orangtua memberikan fasilitas yang baik
makan anak-anak akan merasa bersemangat dan termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci: Kesiapan anak, Pembelajaran tatap muka, Peran orang tua,
Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 306.874 Orang Tua
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:00
Last Modified: 25 Jul 2024 02:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9183

Actions (login required)

View Item View Item