PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER DI KELAS III SDN 15 SALOLO

ANUGRAH, INTAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER DI KELAS III SDN 15 SALOLO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Intan Anugrah, 2024 “ Pengembangan Media Video Animasi pada Materi
Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Berbatuan Aplikasi Animaker
di Kelas III SDN 15 Salolo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas dan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Salmilah dan Ahmad
Munawir.
Penelitian ini bertujuan untuk analisis kebutuhan pengembangan media
video animasi pada materi kewajiban dan hakku sebagai warga negara berbantuan
aplikasi animaker di kelas III SDN 15 Salolo. Validitas media video animasi pada
materi kewajiban dan hakku sebagai warga negara berbantuan aplikasi animaker di
kelas III SDN 15 Salolo, kepraktisan media video animasi pada materi kewajiban
dan hakku sebagai warga negara berbantuan aplikasi animaker di kelas III SDN 15
Salolo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development
(R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap
analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap
evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 15 Salolo, subjek penelitian adalah
peserta didik kelas III yang berjumlah 23 orang dan wali kelas III serta 3 orang
validator ahli. Objek yang diteliti media video animasi berbantuan aplikasi
animaker. Teknik pengumpulan data yaitu obervasi, dokumentasi, wawancara dan
angket. Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media
pembelajaran yang lebih menarik salah satunya adalah video animasi. Hasil validasi
media memperoleh nilai 85,4% kategori sangat valid, validasi materi memperoleh
nilai 75% kategori valid dan validasi bahasa memperoleh nilai 83,3% kategori
sangat valid. Hasil kepraktisan peserta didik memperoleh nilai sebesar 90,4% dan
kepraktisan guru memperoleh nilai 96,1%.
Kata Kunci: Model ADDIE, Media Video Animasi, Animaker.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:11
Last Modified: 25 Jul 2024 02:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9184

Actions (login required)

View Item View Item