RISKA, LESTARI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR TERINTEGRASI (AUDIO VISUAL) UNTUK SISWA KELAS IV SDN 069 LIMBONG KECAMATAN RONGKONG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Riska Lestari, 2024, “Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Kelipatan
Persekutuan Terkecil Dan Faktor Persekutuan Terbesar Terintegrasi
(Audio Visual) Untuk siswa kelas IV SDN 069 Limbong Kecamatan
Rongkong Kabupaten Luwu Utara” Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Edhy Rustan dan
Nilam Permatasari Munir.
Skipsi ini membahas tentang Pengembangan media pembelajaran pada
materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar terintegrasi
(audio visual) Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui hasil Pengembangan
media pembelajaran terintegrasi audio visual dalam keterampilan berhitung KPK
dan FPB, 2). Validitas media pembelajaran terintegrasi audio visual dalam
keterampilan berhitung KPK dan FPB, 3). Praktikalitas produk pengembangan
media pembelajaran terintegrasai audio visual dalam keterampilan berhitung KPK
dan FPB.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and
Development (RnD). Tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu
analysisi, design, development, implementation, dan evaluation. Namun pada
penelitian kali ini, peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap
development. Penelitian ini dilakukan di SDN 069 Limbong. Subjek pada
penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Instrumen yang
diguakan pada penelitian ini yaitu wawancara guru, angket siswa, dan dokumentasi.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan analisis
kuantitatif
Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran terintegrasi audio visual
yang memiliki durasi 10 menit. yang didalamnya terdapat materi kelipatan
persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar untuk kelas IV. Didalam media
ini ada beberapa poin yang pertama itu tujuan pembelajaran, pengertian dari
kelipatan dan faktor, tentang materi KPK dan FPB, untuk mencari nilai KPK dan
FPB selanjutnya ada latihan mengerjakan soal, dan akhir dalam media ini ada kunci
jawaban. Kegunaan media ini yaitu untuk membantu guru dalam pembelajaran dan
menumbuhkan rasa minat siswa dalam belajar. Hasil validitas dari masing-masing
ahli. Hasil validasi oleh ahli materi 95,83% (sangat valid), ahli media 85,71%
(sangat valid), ahli bahasa 93,75% (sangat valid). Kepraktisan 92,5% dengan
memenuhi kategori sangat praktis. Pengembangan media pembelajaran terintegrasi
audio visual dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk
dijadikan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Media pembelajaran, KPK dan FPB, Audio Visual
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:31 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9186 |
Actions (login required)
View Item |