PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK JALANAN USIA SETARA SMP KOTA PALOPO

IMAN, MUH (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK JALANAN USIA SETARA SMP KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Iman, 2022. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan
Kontekstual pada Anak Jalanan Usia Setara SMP Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Alia Lestari dan Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul matematika berbasis
pendekatan kontekstual pada anak jalanan usia setara SMP Kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul
matematika berbasis pendekatan kontekstual pokok bahasan bilangan bulat di
Komunitas Save Street Child Palopo serta untuk mengetahui prototype modul
matematika berbasis pendekatan kontekstual pokok bahasan bilangan bulat di
Komunitas Save Street Child Palopo.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model
ADDIE dengan lima langkah pengembangan yaitu Analyze, Design, Development,
Implementation and Evaluation. Penelitian dilakukan di Komunitas Save Street
Child Palopo. Untuk mengetahui validasi modul, diperoleh dari hasil validasi dari
dua validator yang kompoten dan untuk mengetahui praktikalitas modul diperoleh
dari hasil angket praktisi dari tenaga pengajar di Komunitas Save Street Child
Palopo serta untuk mengetahui prototype modul matematika, modul di design
menggunakan aplikasi Pixellab dan Microsoft Word.
Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil penilaian oleh dua validator yang
kompeten menunjukkan bahwa modul matematika telah berhasil dikembangkan
dengan kategori sangat valid dengan skor 83,8% dan praktikalitas dari tenaga
pengajar diperoleh presentase sebesar 90% dengan kategori sangat praktis serta
prototype akhri modul matematika yang didalamnya berbasis pendekatan
kontekstual dengan materi bilangan bulat terdapat beberapa penggambaran suatu
materi yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, dan masing
masing contoh penggambaran kontekstual dan ilustrasi yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari serta memiliki ukuran 21 x 30cm yang berjumlah 52
halaman.
Kata Kunci: Pengembangan Modul Matematika, Pendekatan Kontekstual, Anak
Jalanan, Bilangan Bulat.
xvi
ABSTRACT
Muh. Iman, 2022. “Development of Contextual Approach Based on Mathematics
Module for Street Chilidren of Equivalent Age of Palopo at Junior High
School”. Thesis for Mathematics Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training Palopo Institute Islamic State (IAIN). Supervised by Alia Lestari
and Sumardin Raupu.
This study deals with developing contextual mathematical modules on street
chilidren equivalent to Palopo City Junior High School. The study aims to know
the validaty and practicality of a contextual mathematical module based on a
contextual point in the Save Street Child Palopo community and to know the
prototype of a math module based contextual approach on a integ point in the
Save Street Child Palopo community.
This type of research is the Research and Development (R&D) ADDIE
model with five development steps, namely Analyze, Design, Development,
Implementation and Evaluation. The study was conducted at Palopo’s Save Street
Child Community. To find out the validation of the module, obtained from the
validation results of two competent validators and to find the practicality of the
nodule obtained from the results of practitioner questionaires from teaching staff
at the mathematics module, the module was designed using the Pixxellab
aplication and Microsoft Word.
The results of the study, namely based on the result of assessments by two
competent validators, showed that the mathematics module had been successfully
developed with a very valid category with a score of 83.8% and the practicality of
the teaching staff obtained a percentage of 90% with a very practical category and
a prototype of a mathematics module in which based on a contextual approach
there were several depictions of material related to daily life.
Keywords: Mathematics Module Development, Contextual Approaches, Street
Chilidren, Integers

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:23
Last Modified: 29 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9198

Actions (login required)

View Item View Item