PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS DIGITAL DALAM PENINGKATAN LAYANAN AKADEMIK DI SMA NEGERI 2 LUWU

NABILA, PUTRI (2024) PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS DIGITAL DALAM PENINGKATAN LAYANAN AKADEMIK DI SMA NEGERI 2 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Nabila, 2024. “Penerapan Manajemen Berbasis Digital dalam Peningkatan
Layanan Akademik di SMA Negeri 2 Luwu” Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Taqwa dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang manajemen berbasis digital dalam
peningkatan layanan akademik di SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana layanan akademik di SMA Negeri 2 Luwu dan
penerapan manajemen berbasis digital dalam peningkatan layanan akademik di
SMA Negeri 2 Luwu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder,
dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan akademik yang ada di SMA
Negeri 2 Luwu telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM)
penyelenggara sistem pendidikan nasional Depdiknas Tahun 2003. Dalam
pelaksanaannnya, layanan akademik di SMA Negeri 2 Luwu meliputi pengelolaan
sarana dan prasarana penunjang proses belajar-mengajar, tata laksana kegiatan
dalam sekolah, pengadaan dan pengelolaan seluruh administrasi di SMA Negeri 2
Luwu. Mulai dari penerimaan siswa baru, pembagian kelas/jurusan, kurikulum
ajar, absensi, menfasilitasi proses belajar, menunjang kebutuhan guru akan
kebutuhan ajar baik properti maupun informasi.
Pelayanan akademik juga dilakukan untuk alumni berupa pengurusan
ijazah baik penerbitan, pengesahan, dan layanan lainnya. Dan penerapan
manajemen berbasis digital dalam peningkatan layanan akademik di SMA Negeri
2 Luwu terdiri dari: 1) Layanan Terpadu Satu Pintu, 2) PPDB (Penerimaan
Peserta Didik Baru), 3) Pembelajaran Online. Dan 4) Rapot Digital. Guna
mengakomodasi penerapan manajemen berbasis digital dalam peningkatan
layanan akademiknya, SMA Negeri 2 Luwu menyediakan fasilitas-fasilitas
penunjang seperti komputer, wifi, pemberian izin kepada siswa untuk membawa
smartphone dan leptop ke sekolah, penyediaan Digital Smart Tv, LCD Proyektor,
dan alat elektronik lainnya.
Kata Kunci: Digital, Layanan Akademik, Manajemen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:14
Last Modified: 02 Aug 2024 01:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9240

Actions (login required)

View Item View Item