NURWAHIDA, NURWAHIDA (2024) PERANAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDK DI SDN 114 PINCARA KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.pdf Download (3MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurwahida, 2024 “Peranan Lingkungan Pendidikan Sebagai Upaya
Pembentukan Karakter Pesera Didik di SDN 114 Pincara Kecamatan
Masamba Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo, Dibimbing oleh Salmilah dan
Ahmad Munawir.
Skripsi ini membahas tentang peranan lingkungan pendidikan dalam
pembentukan karakter peserta didik di SDN 114 Pincara Kecamatan Masamba
Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan
Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat terhadap pembentukan karakter
Peserta Didik SDN 114 Pincara, untuk mengetahui pendukung lingkungan
pendidikan dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN 114 Pincara dan
untuk mengetahui kendala dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN 114
Pincara Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian Kepala sekolah, Guru, Orang tua, dan Tokoh Masyarakat peserta didik
SDN 114 Pincara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan lingkungan pendidikan
terhadap pembentukan karakter peserta didik SDN 114 Pincara Kecamatan
Masamba Kabupaten Luwu Utara dengan indikator jujur guru, kepala sekolah dan
orang tua selalu mengajarkan siswa untuk selalu mempunyai sikap yang jujur,
guru selalu mengingatkan siswa sebelum mengerjakan tugas di kelas untuk tidak
menyontek pekerjaan temannya. Guru juga menyampaikan kepada siswa jika
mendapatkan siswa menyontek pekerjaan temannya maka siswa siap menerima
konsekuensi yang diberikan oleh guru. Sedangkan pada indikator tanggung jawab
guru, kepala sekolah dan orang tua selalu memberikan dukungan dan apresiasi
kepada siswa agar memiliki tanggung jawab yang baik. Pendukung pembentukan
karakter peserta didik di SDN 114 Pincara adanya kerja sama yang baik antara
kepala sekolah, wali kelas, guru kelas, staf serta karyawan sekolah dalam
melaksanakan kegiatan belaja mengajar sehingga dapat berjalan dengan lancar.
Adanya koordinasi antara kepala sekolah, sesama guru serta staf dalam
menerapkan berbagai metode pembelajaran. .Kendala pembentukan karakter
peserta didik di SDN 114 Pincara kurangnya kerja sama antara lingkungan
sekolah dan lingkungan keluarga dalam pembentukan karakter peserta didik.
Kurangnya pengawasan orang tua tehadap kehidupan dan pergaulan anak di
masyarakat,. Kurangnya kesadaran dari beberapa peserta didik untuk mematuhi
tata tertib dan peraturan sekolah.
Kata kunci: Lingkungan pendidikan, Pembentukan karakter, peserta didik
xxv
ABSTRACT
Nurwahida, 2024 "The Role of the Educational Environment as an Effort to
Form the Character of Students at SDN 114 Pincara, Masamba
District, North Luwu Regency." Thesis for Madrasah Ibtidaiyah
Teacher Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Training, Palopo State Islamic Institute, Supervised by
Salmilah and Ahmad Munawir.
This thesis discusses the role of the educational environment in forming
the character of students at SDN 11 Pincara, Masamba District, North Luwu
Regency. This researcher aims to find out the role of the family, school and
community environment in the character formation of students at SDN 114
Pincara, Masamba District, North Luwu Regency.
The type of research used is descriptive qualitative. Research subjects
were principals, teachers, parents, community leaders, students at SDN 114
Pincara. Data collection techniques were carried out by means of interviews,
observation and documentation. Data analysis techniques are carried out by means
of data reduction, data presentation, and data verification.
The results of this research show that the role of the educational
environment in forming the character of students at SDN 114 Pincara, Masamba
District, North Luwu Regency, with indicators of honesty, teachers, principals and
parents always teach students to always have an honest attitude, teachers always
remind students before doing assignments in class. not to copy his friend's work.
The teacher also conveys to the students that if they get their friend's work, the
students are ready to accept the consequences given by the teacher. Meanwhile, in
terms of teacher responsibility indicators, school principals and parents always
provide support and appreciation to students so that they have good responsibility.
The obstacle to the formation of student character at SDN 114 Pincara is the lack
of cooperation between the school environment and the family environment in
forming student character. Lack of parental supervision over children's lives and
relationships in society. Lack of awareness among some students to comply with
school rules and regulations. Apart from that, it supports the character formation
of students at SDN 114 Pincara. There is good cooperation between the principal,
homeroom teacher, class teacher, staff and school employees in carrying out
teaching and learning activities so that they can run smoothly. There is
coordination between the principal, fellow teachers and staff in implementing
various learning methods.
Keywords: Educational environment, Chracter formation, Learners.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 00:30 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 00:30 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9243 |
Actions (login required)
View Item |