KHAIRI, UMMU (2024) UPAYA PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI MADRASAH ALIYAH NO. 16 PENGKENDEKAN KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
|
Text
REPO.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ummu Khairi, 2024, Upaya Pengembangan Profesi Guru di Madrasah Aliyah
No. 16 Pengkendekan Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu
Utara. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo. Dibimbing
oleh Alia Lestari dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas mengenai upaya pengembangan profesi guru di
Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu
Utara. Adapun tujuan Penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui upaya
pengembangan profesi guru di Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan
Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara dan untuk mengetahui peluang dan
tantangan pengembangan profesi guru di Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan
Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini dari sisi pendekatanya adalah
kualitatif dari sisi metode adalah desktiptif. Teknik pengumpulan data dari dari
penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian sumber
data dari penelitian ini Kepala Sekolah dan Guru di Madrasah Aliyah No. 16
Pengkendekan. Teknik analisis data yang diambil adalah reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pengembangan profesi guru di
sekolah Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan baru pada pengembangan
kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian
sedangkan kompetensi sosialnya perlu dikembangkan. Adapun peluang dan
tantangan yang dihadapi guru dalam pengembangan profesi terdapat dua faktor
yakni faktor internal dan eksternal dari hasil data bahwa faktor internal dan
eksternal telah mendukung dan memadai dalam pengembangan profesi guru.
Kata Kunci: Profesi Guru, MGMP, Perangkat Pembelajaran.
xxii
xxiii
ABSTRACT
Ummu Khairi, 2024, Teacher Professional Development Efforts at Madrasah
Aliyah No. 16 Shortening of Sabbang District, North Luwu Regen
cy. Thesis for the Islamic Education Management Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo. Super
vised by Alia Lestari and Firman Patawari.
This thesis discusses efforts to develop the teacher profession at Madrasah
Aliyah No. 16 Shortening of Sabbang District, North Luwu Regency. The aim of
this research is: To find out efforts to develop the teacher profession at Madrasah
Aliyah No. 16 Pengkendan Sabbang Subdistrict, North Luwu Regency and to find
out the opportunities and challenges of teacher professional development at Mad
rasah Aliyah No. 16 Shortening of Sabbang District, North Luwu Regency.
The method used in this research is qualitative in terms of approach, while the
method is descriptive. Data collection techniques for this research are interviews,
observation and documentation. Then the data source from this research is the
Principal and Teachers at Madrasah Aliyah No. 16 Shortening. The data analysis
techniques taken are data reduction, data presentation and drawing conclusions.
The results of this research indicate that efforts to develop the teacher profes
sion at Madrasah Aliyah No. 16 The new shortening is the development of peda
gogical competence, professional competence and personality competence, while
social competence needs to be developed. As for the opportunities and challenges
faced by teachers in professional development, there are two factors, namely in
ternal and external factors. From the results of the data, internal and external fac
tors have been supportive and adequate in teacher professional development.
Keywords: Teacher Profession, MGMP, Learning Tools.
xxiv
ةصلاخ
يريخ مأ ، 0202 مقر ةٌدعسلا ةسردملا ًف نٌملعملل ًنهملا رٌوطتلا دوهج ، 1 . 11 لامش ،جناباس ةقطنم رٌصقت
،نٌملعملا بٌردتو ةٌبرتلا ةٌلك ،ةٌملاسلإا ةٌبرتلا ةرادإ ةسارد جمانربل ةلاسر .ًسنجٌر وول IAIN
Palopo .يراوتاب نامرٌفو يراتسٌل ءاٌلع فارشإ تحت .
هذه شقانت مقر ةٌلاعلا ةسردملاب ملعملا ةنهم رٌوطتل ةلوذبملا دوهجلا ةلاسرلا 1 . 11 ةقطنم رٌصقت
ملعملا ةنهم رٌوطتل ةلوذبملا دوهجلا ىلع فرعتلا :ىلإ ثحبلا اذه فدهٌ .ًسنجٌر وول لامش ،جناباس
مقر ةٌلاعلا ةسردملاب 1 . 11 رعتللو ،وول لامش ةعطاقم ،ةٌعرفلا غناباس نادنٌكغنب ةقطنم صرفلا ىلع ف
مقر ةٌلاعلا ةسردملا ًف نٌملعملل ًنهملا رٌوطتلا هجاوت ًتلا تاٌدحتلاو 1 . 11 ،جناباس ةقطنم رٌصقت
.ًسنجٌر وول لامش
اذهل تاناٌبلا عمج تاٌنقت .ًفصو وهف جهنملا امأ ،جهنملا ثٌح نم ًعون وه ثحبلا اذه ًف مدختسملا جهنملاو
لاو ةظحلاملاو تلاباقملا ًه ثحبلا ةسردملاب نٌملعملاو ةسردملا رٌدم وه ثحبلا اذه نم تاناٌبلا ردصم مث .قٌثوت
مقر ةٌدعسلا 1 . 11 .جئاتنلا صلاختساو تاناٌبلا ضرعو تاناٌبلا لٌلقت ًه ةذختملا تاناٌبلا لٌلحت تاٌنقت .رٌصقتلا
لا ةسردملاب ملعملا ةنهم رٌوطتل ةلوذبملا دوهجلا نأ ىلإ ثحبلا اذه جئاتن رٌشتو مقر ةٌلاع 12 . 11 ـ
ةٌعامتجلاا ةءافكلا امنٌب ،ةٌصخشلا ةءافكلاو ةٌنهملا ةءافكلاو ةٌوبرتلا ةءافكلا ةٌمنت وه دٌدجلا راصتخلاا
كانهف ،ًنهملا رٌوطتلا ًف نوملعملا اههجاوٌ ًتلا تاٌدحتلاو صرفلل ةبسنلاب امأ .رٌوطت ىلإ جاتحت
ن نمو ،ةٌجراخلاو ةٌلخادلا لماوعلا امه نلاماع ةمعاد ةٌجراخلاو ةٌلخادلا لماوعلا تناك تاناٌبلا جئات
نٌملعملل ًنهملا رٌوطتلا ًف ةٌفاكو .
،ملعملا ةنهم :ةيحاتفملا تاملكلا MGMP .ملعتلا تاودأ ،
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 492.7 Bahasa Arab* |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 01:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 01:01 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9249 |
Actions (login required)
View Item |