PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS VII DI SMPN 7 SATAP MALANGKE

SALMAWATI, SALMAWATI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS VII DI SMPN 7 SATAP MALANGKE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (14MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK
Salmawati, 2024 “Pengembangan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas VII di SMPN 7
Satap Malangke” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh A Riawarda dan Dodi Ilham.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan modul ajar pendidikan
agama Islam dan budi pekerti berbasis pembelajaran berdiferensiasi kelas VII di
SMPN 7 Satap Malangke. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tahapan
desain pengembangan modul, validitas, dan praktikalitas modul ajar yang
dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan
menerapkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Namun, dalam penelitian
ini, hanya empat tahap yang digunakan, yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3)
Pengembangan, dan (4) Implementasi. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Satap
Malangke dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII pada tahun ajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan
angket. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan adalah deskriptif kuantitatif
Hasil penelitian ini menghasilkan modul ajar yang berbasis pembelajaran
berdiferensiasi. Validasi modul ajar yang dikembangkan dievaluasi oleh ahli media,
ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi menunjukkan persentase skor 80% dari
ahli media dengan kategori valid, 80% dari ahli materi dengan kategori valid, dan
87% dari ahli bahasa dengan kategori sangat baik. Sedangkan uji praktikalitas
modul ajar dilakukan terhadap peserta didik kelas VII di SMPN 7 Satap Malangke
dengan hasil persentase 84% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil pengembangan tersebut, modul ajar pendidikan agama
Islam dan budi pekerti berbasis pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kriteria
kevalidan dan praktikalitas untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam
pembelajaran di SMPN 7 Satap Malangke.
Kata Kunci: Modul Ajar Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:44
Last Modified: 05 Aug 2024 02:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item