KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

SARMILA, SARMILA (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK
Sarmila, 2024.“Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di madrasah aliyah negeri palopo”.Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institiut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Aliya Lestari dan Tasdin Tahrim.
Fokus utama penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di madrasah aliyah negeri palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mengemukakan pelaksanaan tugas pokok Kepala Madrasah
dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Palopo, (2)
Mengetahui faktor pendukung kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Palopo, dan (3) mengetahui dampak
pelaksanaan tugas pokok Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan
di Madrasah Aliyah Negeri Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala Madrasah Aliyah
Negeri Palopo, Guru dan Siswa. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan tugas pokok
kepala Madrasah Aliyah Negeri Palopo meliputi educator,
manajer,
administrator, dan kepala madrasah sebagai supervisor. (2) faktor pendukung
kepala Madrasah Aliyah Negeri Palopo, a) Dukungan keuangan yang cukup dari
pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, b) Dukungan saran dan prasarana,
c). Dukungan kerjasama yang baik antara pihak madrasah dan Pemerintah Kota
Palopo dalam hal ini kementerian Agama.(3) dampak pelaksananaan tugas pokok
kepala madrasah berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan di
Madrasah Aliyah Negeri Palopo, Indikatornya peningkatan mutu pendidikan di
MAN Palopo dapat dilihat dari pengembangan madrasah yang lebih maju baik itu
dari segi sarana prasarana madrasah dan fasilitas penunjang proses pembelajaran.
Kata kunci : Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:58
Last Modified: 05 Aug 2024 02:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9260

Actions (login required)

View Item View Item