IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN DAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU INSAN MADANI PALOPO

HAKIM, ARIF RAHMAN (2024) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN DAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU INSAN MADANI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (6MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK
Arif Rahman Hakim, 2024. “Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan
Kemampuan Bacaan Dan Hafalan Al-Qur‟an Siswa Di
Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Insan Madani
Palopo”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
Muhaemin dan Bulu‟.
Tesis ini membahas tentang Implementasi metode Wafa Dalam Meningkatkan
Kemampuan Bacaan dan Hafalan Al-Qur‟an Siswa di Sekolah Menengah Pertama
Islam Terpadu Insan Madani Palopo, Tujuan Penelitian: Mendeskripsikan dan
menganalisis implementasi metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur‟an di SMPIT
Insan Madani Palopo; Menganalisis dampak metode Wafa terhadap kemampuan
membaca dan menghafal Al-Qur‟an siswa; Mendeskripsikan upaya optimalisasi
metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur‟an
siswa.
Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari
dua jenis: data primer yang diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah, guru,
dan siswa di SMPIT Insan Madani Palopo dan data sekunder yang terdiri dari
dokumen sekolah, dokumen guru, tinjauan teori dan karya ilmiah. Instrumen
penelitian meliputi pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
melibatkan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Temuan Penelitian: Implementasi metode wafa menonjolkan pendekatan yang
holistik dalam pembelajaran Al-Qur‟an. Dari pembagian kelompok berbasis level
kemampuan, model pembelajaran baca tiru klasikal, pelaksanaan pembelajaran
dengan metode 5P, hingga penilaian wafa yang terstandarisasi, metode ini
memungkinkan adaptasi terhadap latar belakang siswa, mengarah pada pemahaman
yang lebih dalam. Penerapan metode wafa telah membawa dampak yang signifikan
terhadap kemampuan siswa. Dari pengenalan huruf hijaiyah yang kontekstual hingga
peningkatan dalam membaca dengan tajwid yang baik, serta pencapaian dalam
hafalan Al-Qur‟an, metode ini memainkan peran krusial dalam memperdalam
pemahaman siswa terhadap Al-Qur‟an. Langkah-langkah optimalisasi yang dilakukan
yaitu melakukan kualifikasi dan pelatihan guru, bimbingan tambahan untuk siswa,
mukhayyam Qur'an, serta strategi pemberian reward untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran.
Kata Kunci: Implementasi Metode Wafa, Kemampuan Bacaan Dan Hafalan Al
Qur‟an Siswa, Pendekatan Holistik, SMPIT Insan Madani Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:00
Last Modified: 12 Aug 2024 03:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9278

Actions (login required)

View Item View Item