ANALISIS SURVEY TINGKAT KEPERCAYAAN DAN FAKTOR SOSIAL BERBELANJA MENGGUNAKAN E-COMMERCE (STUDI PADA MASYARAKAT DESA WIWITAN KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU)

AHYAR, NAJMUL (2024) ANALISIS SURVEY TINGKAT KEPERCAYAAN DAN FAKTOR SOSIAL BERBELANJA MENGGUNAKAN E-COMMERCE (STUDI PADA MASYARAKAT DESA WIWITAN KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
xxiii
Najmul Ahyar 2024 ―Analisis Survey Tingkat Kepercayaan dan Faktor Sosial
Berbelanja Menggunakan E- Commerce (Studi pada
Masyarakat Desa Wiwitan Kecamatan Lamasi
kabupaten Luwu).”. Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Mursyid.
Skripsi ini membahas tentang tingkat kepercayaan dan faktor sosial
masyarakat Desa Wiwitan Kecamatan Lamasi berbelanja menggunakan E-
Commerce, penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan tingkat kepercayaan
dan faktor sosial masyarakat yang membuat berbelanja menggunakan E-
Commerce di Desa Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu.
Jenis penelitiaan ini adalah Mixed Methods yang menggabungkan antara
metode penelitiaan Kuantitatif dan Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data
menggunakan sebaran quesioner atau angket dan pedoman observasi, wawancara,
serta dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan terhadap E-
Commerce masyarakat Desa Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu
berada pada kategori tinggi, baik itu pada aspek integrity, benevolence,
competency, dan predictability dengan rata-rata keseluruhan di angka 3,5 dengan
jumlah sampel sebanyak 101 orang. Data dari kuesioner dengan 4 aspek yakni
Integrity, Benevolence, Competency, dan Predictabilty. Dari keseluruhan aspek
diperoleh skor yakni 3533 dengan rata-rata 3,5 untuk aspek integrity termasuk
pada kategori setuju, 3557 dengan rata-rata 3,5 untuk aspek benevolence pada
kategori setuju, 3533 untuk aspek Competency dengan rata-rata 3,5 pada kategori
setuju, dan 3577 dengan rata-rata nilai diangka 3,6 pada kategori sangat setuju.
Hal ini juga didukung oleh data hasil wawancara menunjukkan bahwa masyarakat
Desa Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu sejauh ini masih memiliki
kepercayaan yang besar terhadap Platform E-Commerce. Adapun faktor sosial
yang membuat masyarakat Desa Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu
dalam berbelanja menggunakan E- Commerce yakni kelompok referensi, kelas
sosial, gaya hidup, pengaruh sosial media memiliki dampak terhadap Keputusan
konsumen pada Masyarakat Desa Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu,
disamping itu mereka melakukan transaksi barang atau jasa hanya untuk
memenuhi kebutuhan saja.
Kata Kunci: Tingkat Kepercayan, Faktor Sosial, E-Commerce

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:23
Last Modified: 13 Aug 2024 06:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9290

Actions (login required)

View Item View Item