PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SDN 468 BILANTE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

SYAHRA, NENENG (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SDN 468 BILANTE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Neneng Syahra 2024. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis
Budaya Lokal pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV
SDN 468 Bilante Kecamatann Larompong Kabupaten Luwu” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Nurdin K Dan Ahmad Munawir.
Skripsi ini membahas mengenai penelitian pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik Berbasis Budaya Lokal pada Materi Kekayaan Budaya Indoesia
Kelas IV SDN 468 Bilante Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Penelitian
ini bertujuan untuk, (1) menganalisis kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Berbasis Budaya Lokal pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia, (2)
mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas dari Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis budaya lokal pada materi kekayaan budaya
Indonesia.
Jenis penelitian ini adala penelitian pengembangan atau research and
development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, model pengembangan
ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu : (1) tahap analize, (2) tahap design, (3) tahap
development, (4) tahap implementation, (5) tahap evaluasi. Penelitian ini
dilaksanakan pada tahun 2024 dengan melibatkan 18 peserta didik kelas IV SDN
468 Bilante, sedangkan objek penelitian adalah Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Data
penelitian dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan tes kemudian di analisis
secara kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan tahap analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di SDN 468
Bilante, maka dibutuhkan sebuah inovasi baru terutama dalam bahan ajar
berbentuk buku, dalam hal ini dikembangkan LKPD berbasis budaya lokal pada
materi kekayaan budaya Indonesia di kelas IV. Selanjutnya Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) divalidasi oleh tiga orang ahli sebagai validator diantaranya ahli
bahasa 85% (sangat valid), ahli materi 92% (sangat valid) dan ahli desain 81%
(sangat valid) Sedangkan untuk hasil praktikalitas dengan melibatkan 18 peserta
didik dan seorang wali kelas IV sebagai subjek penelitiaan memperoleh nilai yang
sangat positif dengan hasil 88.7% dari peserta didik dan 89,5% dari guru kelas IV
dengan tingkat praktikalitas sangat praktis. Kemudian untuk hasil efektifitas
dengan melibatkan 18 peserta didik dengan hasil 90% (sangat efektif).
Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik; Budaya Lokal, Kekayaan Budaya
Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:28
Last Modified: 19 Aug 2024 06:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item