PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA 21 AL-MANAR LAMONE KAB. LUWU

ETI, ETI (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA 21 AL-MANAR LAMONE KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Eti, 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Ayat-Ayat Al-Qur’an
Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Swasta 21 Al-Manar Lamone”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nurdin dan Dwi Risky Arifanti.
Tujuan penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis ayat-ayat
Al-Qur’an pada tema peduli terhadap makhluk hidup ini adalah untuk
memperoleh deskripsi tentang (1) Mengetahui kevalidan, (2) Untuk mengetahui
kepraktisan, dan (3) Mengetahui keefektifan modul pembelajaran berbasis ayat-
ayat Al-Qur’an.
Jenis penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah
pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa
di Madrasah Ibtidaiyah Swasta 21 Al-Manar Lamone sebanyak 16 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan angket.
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif
dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah
layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai modul pembelajaran. Hal
tersebut dapat dilihat dari persentase validasi bahasa sebesar 86,1% dinyatakan
valid, oleh ahli materi sebesar 83% dinyatakan valid, sedangkan ahli keagamaan
didapat hasil 90% Sedangkan untuk hasil terhadap respon peserta didik berada
pada persentase 83% sangat praktis dan respon pendidik berada pada persentase
87% kategori praktis. Tingkat keefektifan modul pembelajaran berbasis ayat-ayat
al-qur’an didasarkan pada hasil belajar dengan persentase 87% peserta didik
memperoleh ketuntasan belajar di atas KKM. Dengan demikian, modul
pembelajaran ini termasuk dalam kategori layak dan dapat digunakan dalam
pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Ayat Al-Qur’an, Peduli terhadap makhluk
hidup

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.122 Qur'an, Al-Qur'an, Alquran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:17
Last Modified: 26 Aug 2024 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item View Item