IDHAMAWATI, NIAR (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TEKNIK BERCERITA DI KELAS V SDN 08 SALOBULO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Niar Idhamawati, 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan
Teknik Bercerita di Kelas V SDN 08 Salobulo” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Mardi Takwim dan
Mirnawati.
Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan
teknik bercerita di kelas V SDN 08 Salobulo. Penelitian ini bertujuan untuk, (1)
mengetahui gambaran aktivitas pembelajaran siswa kelas V menggunakan teknik
bercerita dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 08 Salobulo (2)
mengetahui hasil belajar siswa kelas V di SDN 08 Salobulo dapat ditingkatkan
melalui teknik bercerita.
Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan di SDN 08 Salobulo pada siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan
dokumentasi. Hasil gambaran aktivitas pembelajaran siswa menunjukkan bahwa
Persentasi observasi sikap siswa siklus I data yang diperoleh yaitu 35,07% meningkat menjadi
49% pada siklus II. Siswa yang mengajukan pertanyaan pada siklus I dan siklus II mengalami
peningkatan dari 5,59% menjadi 11,19%. Siswa yang menjawab pertanyaan meningkat dari
10,44% menjadi 14%. Siswa yang masih memerlukan bimbingan mengalami perubahan dari
69,7% turun menjadi 11,19%. Siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran juga mengalami
perubahan dari 97,3% menurun menjadi 4,85%. Siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan
menggunakan teknik bercerita mengalami peningkatan dari 24,6% menjadi 47%. Siswa yang
melakukan kegiatan lain pada siklus I sekitar 5,59%. Akan tetapi, pada siklus II mengalami
penurunan menjadi 3,73%.
Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada awal siklus I, skor rata-rata hasil belajar
bahasa Indonesia siswa sebesar 70 dan berada pada kategori sedang. Pada akhir siklus I, skor rata-
rata siswa sebesar 79 dan berada pada kategori tinggi, dan pada akhir siklus II skor rata-rata hasil
belajar siswa sebesar 85 dan berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, secara kuantitatif hasil
belajar bahasa Indonesia mengalami peningkatan dari kategori rendah menjadi tinggi. Hasil
analisis secara kualitatif menunjukan bahwa jumlah siswa yang bertanya, menjawab pertanyaan,
aktif dalam proses pembelajaran terus mengalami peningkatan. Sementara, siswa yang
memerlukan bimbingan guru, melakukan aktivitas lain pada saat proses belajar berlangsung di
kelas mengalami penurunan. Hal ini terlihat berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I sampai pada
akhir siklus II. Dengan demikian, secara kualitatif hasil belajar bahasa Indonesia telah mengalami
peningkatan saat diterapkannya teknik bercerita.
Kata Kunci : Teknik, Teknik Bercerita
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:27 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9363 |
Actions (login required)
View Item |