PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BOX AND QR CODE QUIZ PAPER PADA MATA PELAJARAN S E J A R A H K E B U D AYA A N I S L A M M AT E R I A L - K H U L A F Ā ʾ A L - R Ā S Y I D Ū N D I M A D R A S A H TSANAWIYAH NEGERI 1 TANA TORAJA

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BOX AND QR CODE QUIZ PAPER PADA MATA PELAJARAN S E J A R A H K E B U D AYA A N I S L A M M AT E R I A L - K H U L A F Ā ʾ A L - R Ā S Y I D Ū N D I M A D R A S A H TSANAWIYAH NEGERI 1 TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, 2024 “Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Box and QR
Code Quiz Paper pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi
al-Khulafāʾ al-Rāsyidūn Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tana Toraja”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hisban
Thaha dan Arifuddin.
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran
berbasis Box and QR Code Quiz Paper pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam materi al-Khulafāʾal-Rāsyidūn di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tana
Toraja. Penelitian ini bertujuan: Untuk menguji kevalidan; Untuk menguji
kepraktisan; Untuk menguji efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran
berbasis Box and QR Code Quiz Paper pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam materi al-Khulafāʾal-Rāsyidūn di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tana
Toraja.
Jenis penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development)
dengan model Plomp dengan tiga tahapan yaitu (Preliminary research,
Development or Prototyphing Phase dan Assesment Phase). Penelitian ini
dilakukan di MTsN 1 Tana Toraja dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas
VII. Data diperoleh melalui angket, wawancara, dan soal. Selanjutnya, data
dianalisis dengan analisis kebutuhan, dan analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dari uji kevalidan yang dinilai oleh para
validator dengan perolehan dari ahli materi 100%, ahli media dengan persentase
90%, ahli bahasa 87,9%, dan 100% dari guru Sejarah Kebudayaan Islam. Selain
itu, dilakukan juga uji kepraktisan dengan nilai 87,9% dengan kategori sangat
positif dan dapat dikatakan praktis selama proses pembelajaran. Sedangkan dari uji
efektivitas yaitu membandingkan dua kelas, dengan menggunakan media berbasis
Box and QR Code Quiz Paper di VII A sementara tidak menggunakan media kelas
VII B . Ada 21 peserta didik disetiap kelas untuk penilaian hasil posttest dari kedua
kelas. Hasil yang didapatkan VII A yaitu 80,90%, sedangkan VII B hanya mencapai
63,30%. Hal ini, menandakan kelas VII A mendapat poin yang tinggi. Hasil posttest
kemudian diuji agar data normal dan homogen serta menjadi prasyarat uji-t melalui
independen sampel t-test dengan memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,024 < 0,05.
Sebab jika < 0,05 menandakkan ditolaknya H0 dan menerima Ha. Data
menunjukkan bahwa hasil yang didapatkan memiliki pengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar. Maka media tersebut efektif digunakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Box, QR Code Quiz Paper, al-Khulafāʾ al-
Rāsyidūn

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:36
Last Modified: 26 Aug 2024 02:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9366

Actions (login required)

View Item View Item