STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PALOPO

AENA, NURUL HARTINI (2024) STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Hartini Aena, 2024. “Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA
Negeri 1 Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Alimuddin dan Firmansyah.
Penelitian ini dilakukan untuk untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan
kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Palopo dan mendeskripsikan hambatan dalam
pelaksanaan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Palopo.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian kepala sekolah dan guru SMA Negeri 1 Palopo. Sumber data terdiri dari
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut maka kesimpulan
penelitian ini yaitu 1.) Strategi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1
Palopo meliputi beberapa langkah penting, yaitu pelatihan dan pengembangan guru,
peningkatan infrastruktur dan sumber daya, keterlibatan orang tua dan masyarakat,
kolaborasi dengan otoritas pendidikan dan sekolah lain, penerapan metode
pembelajaran yang inovatif, serta evaluasi dan peningkatan berkelanjutan. 2).
Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Palopo menghadapi beberapa
hambatan utama, yaitu keterbatasan dalam pengembangan sumber daya manusia
(SDM) karena tidak semua guru siap dan terlatih untuk menerapkan kurikulum
baru, keterbatasan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung
pembelajaran, kesulitan dalam adaptasi kurikulum oleh siswa dan guru, serta
kendala komunikasi yang menghambat koordinasi antara guru, manajemen sekolah,
dan orang tua..
.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum, Merdeka Strategi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:27
Last Modified: 26 Aug 2024 03:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item