SAUD, CITRA AYU LESTARI (2024) PENINGKATAN DAYA INGAT MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS III SDN 34 BARA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (83kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Citra Ayu Lestari Saud, 2024. “Peningkatan Daya Ingat Menggunakan Metode
Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas III SDN 34 Bara Kota
Palopo” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan Ervi Rahmadani.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran aktivitas guru pada saat
penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas III di SDN 34
Bara Kota Palopo, untuk mengetahui gambaran aktivitas siswa saat penerapan
metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas III di SDN 34 Bara Kota
Palopo dan untuk mengetahui peningkatan daya ingat siswa melalui penerapan
metode pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran tematik di kelas III SDN
34 Bara Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau
observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III-B SDN 34
Bara Kota Palopo sebanyak 20 siswa, yang terdiri dari 9 perempuan dan 11 laki-
laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, tes
dan angket, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I
mendapatkan nilai rata-rata persentase 72,51% (cukup) dan pada siklus II aktivitas
guru mendapatkan nilai rata-rata persentase 95,51% (sangat baik). Aktivitas siswa
pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata persentase 72% (cukup) dan pada siklus
II aktivitas siswa mendapatkan nilai rata-rata persentase 95% (sangat baik).
Adapun persentase daya ingat siswa pada siklus I mendapatkan 67,13% (sedang)
dan pada siklus II mendapatkan nilai persentase 92,46% (tinggi). Dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping
pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan daya ingat siswa kelas III di SDN
34 Bara Kota Palopo.
Kata Kunci : Daya Ingat, Metode, Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:18 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:18 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9377 |
Actions (login required)
View Item |