PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA TERINTEGRASI NILAI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI KELAS IV MI NO 19 DATOK PATTIMANG

SYAHPUTERA, ALAM (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA TERINTEGRASI NILAI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI KELAS IV MI NO 19 DATOK PATTIMANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Alam Syaputera, 2024. “Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi
Nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil Alamin di Kelas IV MI NO 19 DATOK PATTIMANG ”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1)
Sukirman Nurdjan. dan Pembimbing (2) Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Ajar Bahasa
Indonesia dalam mengetahui kebutuhan pengembangan Modul ajar terintegrasi nilai-
nilai P5-PPRA bahasa indonesia dikelas IV pada sekolah MI No 19 Datok Pattimang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau biasa juga
disebut dengan Research and Development (R&D). Research and Development
(Penelitian dan Pengembangan) merupakan metode penelitian untuk
mengembangkan dan menguji produk yang nantinya akan dikembangkan dalam
dunia pendidikan. Terdapat berbagai macam model penelitian yang dapat dijadikan
sebagai acuan dalam penelitian Research and Development ini. ditemukan dilapangan
sekaligus dapat memajukan kualitas penelitian. Model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementasion, Evaluation). Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang bisa
digunakan untuk mengembangkan produk-produk dalam pembelajaran. Oleh karna
itu penelitian yang akan dilakukan menggunakan pengembangan agar dapat
menghasilkan produk yang mengatasi secara langsung masalah yang ditemukan di
lapangan sekaligus dapat memajukan kualitas Pendidikan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data dalam penelitian ini di
ketahui Kelayakan modul ajar ini berpokok pada pelajaran bahasa indonesia di nilai
oleh ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa. Penilaian dari validator masing-masing
menyatakan bahwa modul ajar ini dengan kreateria 85% - 99% dan sangat layak
digunakan untuk kepada pengguna dengan perbaikan menurut saran para ahli.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Ajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 499.221 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:09
Last Modified: 13 Sep 2024 06:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9397

Actions (login required)

View Item View Item