ANALISIS PEMECAHAN MASALAH BERBASIS POLYA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 PALOPO

MAPPATUNRU, MUH. AKBAR (2023) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH BERBASIS POLYA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh, Akbar Mappatunru,2022 “Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya
Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Palopo” Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I)
Nasaruddin dan Pembimbing (II) Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan
masalah berbasis polya ditinjau dari gaya belajar siswa di SMP Negeri 4 Palopo.
Pemecahan masalah sangatlah berperan penting pada hasil belajar siswa
terkhususnya pada pelajaran matematika, karena kemampuan pemecahan masalah
dapat membantu persoalan baik dalam proses belajar mengajar akan mencapai
suatu tujuan maupun pada kehidupan sehari-hari. Siswa yang mampu memecahkan
masalah matematikan memiliki kriteria, dapat menentukan strategi yang tepat,
kemudian mengimplementasikan dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yakni melalui instrument angket, tes pemecahan masalah matematika
dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dan siswi dari SMP Negeri 4
Palopo kelas VIII tahun angkatan 2021/2022. Teknik analisis data dilakukan
dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data
atau penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang siswa
dari 56 orang siswa di kelas yang berbeda, 2 subjek visual, 2 subjek auditorial, dan
2 subjek kinestetik. Pemecahan masalah matematika dianalisis berdasarkan metode
langkah polya yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3)
menyelesaikan masalah, (4) mengecek kembali, Hasil penelitian ini adalah (1)
subjek dengan gaya belajar visual dalam memahami masalah membaca soal di
dalam hati, walapun tidak menuliskan perencanaan pemecahan masalah pada
lambar jawaban, melakukan perhitungan dengan hasil yang tepat akan tetapi masih
kurang detail dalam menuliskan langka-langka dalam penyelesan, dan melakukan
pengecekan kembali. (2) subjek dengan gaya belajar auditorial juga dapat
memahami masalah, namun tidak menuliskan perencanaannya dalam lembaran
jawaban, dapat menyelesaiakan masalah dengan baik dan benar, dan melakukan
pengecekan kembali. (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik juga memahami
masalah yang diberikan dengan melalukan beberapa Gerakan-gerakan, namun tidak
menuliskan perencanaan masalah,namun dalam penyelesaian masalah masih
terdapat beberapa kekeliruan, dan tidak melakukan pengecekan kembali pada
jawaban yang telah dikerjakan.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Polya, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:58
Last Modified: 13 Sep 2024 07:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9404

Actions (login required)

View Item View Item