ASWAN, RANI (2024) PENERAPAN METODE QIRAAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rani Aswan, 2024 “Penerapan Metode Qiraat Untuk Meningkatkan Kemampuan
Bacaan Qur’an Di Kelas VIII A Di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hisban Thaha dan Muh.
Agil Amin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dalam
penerapan metode Qiraat dalam meningkatkan kemampuan bacan Qur’an di kelas
VIII A sekolah menengah pertama negeri 3 palopo.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun
alur penelitian tindakan kelas yang digunakan ialah Model Kemmis Dan Mc.
Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Adapun instrument yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Qiraat efektif
digunakan dalam pembelajaran membaca al-Qur’an karena metode Qiraat praktis
dan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyebutkan huruf
hijaiyah dengan baik dan benar. Untuk mengetahui keberhasilan dari efektivitas
penerapan metode Qiraat dapat dilihat pada nilai keberhasilan di siklus 2 atau post
test yaitu 90,30% dan nilai rata-ratanya ialah 80,2%.
Kata Kunci: Kelas VIII di SMPN 3 Palopo, Kemampuan Membaca al-Qur’an,
Penerapan Metode Qiraat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 06:33 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:33 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9415 |
Actions (login required)
View Item |