LESTARAI, RINI (2024) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (65kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rini Lestari, 2024. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Proses Pembelajaran di SMP Negeri 8 Palopo.” Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Tasdin Tahrim dan Firmansyah.
Skripsi ini membahas mengenai Manajemen Supervisi Akademik Kepala
Sekolah dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di SMP Negeri 8 Palopo.
Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui perencanaan supervisi akademik
kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di SMP Negeri 8 Palopo;
untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam proses
pembelajaran di SMP Negeri 8 Palopo; dan untuk mengetahui bentuk tinjak lanjut
hasil supervisi akademik terhadap peningkatan proses pembelajaran di SMP Negeri
8 Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deksriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data
seperti observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Adapun teknik analisis data
yang diambil adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek
penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakasek kurikulum dan juga guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, perencanaan supervisi
akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 8 Palopo menjadi kunci peningkatan
kualitas pembelajaran. Proses perencanaan supervisi akademik dimulai dengan
analisis kebutuhan dengan mengidentifikasi tujuan dan sasaran supervisi dalam hal
ini proses pembelajaran, Kedua, pelaksanaan supervisi di SMP Negeri 8 Palopo
dimulai dengan evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh tim analis,
memastikan sesuai standar pendidikan, dan memberikan umpan balik konstruktif
kepada guru. Selanjutnya, dengan perencanaan matang, disusun instrumen
supervisi untuk mencakup indikator kinerja sesuai visi dan misi sekolah,
memberikan gambaran komprehensif tentang kualitas pembelajaran, dan
memberikan dasar kuat untuk umpan balik konstruktif. Ketiga, Tindak lanjut
supervisi akademik oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 8 Palopo melibatkan
pemberian umpan balik, penyusunan rencana perbaikan kinerja, dan pelaksanaan
kegiatan pengembangan profesional. Monitoring rutin dan pelatihan difokuskan
pada identifikasi area perbaikan, sementara program tindak lanjut supervisi
memberikan dukungan konkret dan terukur.
Kata kunci: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Proses Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 07:45 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 07:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9421 |
Actions (login required)
View Item |