OPT IMAL ISA SI MET ODE PE MBE LAJARAN DA LAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAH- SURAH PENDEK PADA SISWA KELAS V MI NO. 12 DDI SADAR KABUPATEN LUWU UTARA

SAGITA, LISA (2024) OPT IMAL ISA SI MET ODE PE MBE LAJARAN DA LAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAH- SURAH PENDEK PADA SISWA KELAS V MI NO. 12 DDI SADAR KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lisa Sagita, 2024. “Optimalisasi Metode Pembelajaran dalam Membangkitkan
Motivasi Menghafal Al-Qur’an Surah-surah Pendek pada Siswa
Kelas V MI No. 12 DDI Sadar Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh A. Riawarda dan Alauddin.
Penelitian ini dilaksanakan berdasar pada berpengaruhnya penerapan metode
pembelajaran pada peningkatan motivasi peserta didik. Hal tersebut berlaku pula
pada pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang dilaksanakan di MI No.12 DDI
Sadar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi berbagai metode pembelajaran
yang digunakan oleh guru dalam membangkitkan motivasi menghafal Al-Qur’an
surah-surah pendek, menganalisis tantangan dan peluang dalam membangkitkan
motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek, serta mengetahui
perkembangan motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian campuran yang
menggunakan dua jenis penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
dilaksanakan di MI No. 12 DDI Sadar Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.
Melibatkan seluruh siswa kelas V MI No. 12 DDI Sadar yang berjumlah 28 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, serta
pengumpulan dokumentasi. Analisis data penelitian melibatkan analisis data
kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman serta analisis data
kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru di kelas V MI No. 12 DDI Sadar
menggunakan beberapa metode yang dipercaya dapat membangkitkan motivasi
menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek yaitu metode permainan, qira’ah, dan
mengulang ayat. Dalam pelaksanaannya ditemukan berbagai peluang dan
tantangan yang harus diatasi atau dimanfaatkan oleh guru. Berdasarkan analisis
data kuantitatif diketahui jika dorongan internal peserta didik untuk menghafal Al-
Qur’an masuk dalam kategori rendah (65,40%), namun dorongan eksternal yang
diberikan oleh guru dan sekolah masuk dalam kategori tinggi (70,52%).
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Motivasi Menghafal Al-Qur’an, Surah-surah
Pendek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:18
Last Modified: 14 Oct 2024 07:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9455

Actions (login required)

View Item View Item