KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 BUA PONRANG

ASIRAH, WARDATUL (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 BUA PONRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (2MB)

Abstract

Wardatul Asirh, 2024.“Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkkan
Mutu Pendidikn Di SMP Negri 1 Bua Ponrang,” Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. H. Alauddinn. M. A dan
Amir Faqihuddin, S. Ag., M. Pd. I.
Keberhasilan lembaga pendidikan di perlukan seorang pemimpin yang mampu
dan tangguh dalam memimpin sebuah lembaga pendidikan. Salahsatu tugas utama
Kepala sekolah adalah meningkatkann mutu pendidikan pada lembaga
pendidikkan yang dipinpinya. Mutu pendidikan senantiasa ditingkatkan agar
minimal selalu dapat mengikuti dan maksimal dapat mewarnai dinamika
kehidupan masyarakat. Maka meningkatnya mutu pendidikan ditandai dengan
meningkatnya hasil belajar murid. Penelitian ini mempunyai dua fokus penelitian,
yaitu: (1) bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatan mutu
pendidikan di SMP Negeri 1 Bua Ponrang? (2) Bagaimana Strategi kepemimpinan
kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bua
Ponrang? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu 1) tipe
kepemimpinan kepala sekolah dalama meningkatkan mutu pendidikan adalah tipe
kepemimpinan demokratis, melalui beberapa hal. Diawali dengan cara melakukan
evaluasi, kemudian merencanakan apa yang akan dilakukan, membagi personilnya
didalam bagian tertentu, membagi tugas pokokdan fungsinya serta mengerakkan
mereka untuk mencapai perencanaan tersebut. 2) Strategi kepemimpinan kepla
sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan SMP Negeri 1 Bua Ponrang
mengunakan strategi kepemimpina yang efektif, seperti mengontrol pendidi,
evaluasi dan melakukan pelatihan terhadap dewan guru. Memenuhi kebutuhan
warga sekolah, melaksanakan visi misi, menyusn program (prota dan promes ),
melaksanakan yang telah disusun dan menfasilitasi bakata dan minat siswa
dengan kegiatan-kegiata ekstrakulikuler di bidang pramuka dalam peningkatan
mutu sarana dan prasarana seperti laboratorium, komputer, kantin dan ruangan
baru lainnya.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan.
xxiv
ABSTRACT
Wardatul Asirah, 2024. "Leadership of the Principal in Improving the Quality of
Education at SMP Negeri 1 Bua Ponrang," Thesis of the Islamic
Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by: Dr. H.
Alauddin. M. A and Amir Faqihuddin, S. Ag., M. Pd. I.
The success of an educational institution requires a leader who is capable and
strong in leading an educational institution. One of the principal's main duties is to
improve the quality of education in the educational institution he leads. The
quality of education is always being improved so that at a minimum it can always
follow and at a maximum it can color the dynamics of people's lives. So
increasing the quality of education is marked by increasing student learning
outcomes. This research has two research focuses, namely: (1) how is the
principal's leadership in improving the quality of education at SMP Negeri 1 Bua
Ponrang? (2) What is the principal's leadership strategy in improving the quality
of education at SMP Negeri 1 Bua Ponrang? The type of research used is
qualitative research. Data collection techniques use interview, observation and
documentation techniques. The data analysis techniques used are data reduction,
data presentation, and verification or drawing conclusions. The results of the
research are 1) the school principal's type of leadership in improving the quality of
education is a democratic leadership type, through several things. Starting by
conducting an evaluation, then planning what will be done, dividing the personnel
into certain sections, dividing the main tasks and functions and mobilizing them to
achieve the plan. 2) The school principal's leadership strategy in improving the
quality of education at SMP Negeri 1 Bua Ponrang uses effective leadership
strategies, such as controlling educators, evaluating and conducting training for
the teacher council. Fulfilling the needs of the school community, implementing
the vision and mission, preparing programs (prota and promes), implementing
what has been prepared and facilitating students' talents and interests with
extracurricular activities in the scouting sector in improving the quality of
facilities and infrastructure such as laboratories, computers, canteens and new
rooms other.
Keywords: Leadership, Principal, Quality of Education

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:24
Last Modified: 11 Nov 2024 01:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9515

Actions (login required)

View Item View Item