IMPLEMENTASI SISTEM DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PEGADAIAN (Studi Kasus pada PT. Pegadaian Cabang Belopa)

Selfiana, Selfiana (2024) IMPLEMENTASI SISTEM DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PEGADAIAN (Studi Kasus pada PT. Pegadaian Cabang Belopa). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Selfiana, 2024. “Implementasi Sistem Digital Dalam Meningkatkan Kualitas
Layanan Pegadaian (Studi Kasus pada PT. Pegadaian Cabang
Belopa)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Andi Nurrahma Gaffar.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Sistem Digital Dalam Meningkatkan
Kualitas Layanan Pegadaian (Studi Kasus pada Pegadaian Cabang Belopa).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem digital dalam
meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah Pegadaian Cabang Belopa dan
untuk mengetahui hambatan dan solusi implementasi sistem digital dalam
meningkatkan kualitas layanan Pegadaian Cabang Belopa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode
penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Pegadaian Cabang Belopa.
Informan dalam penelitian ini terdiri dari Pimpinan Cabang, 2 Karyawan, dan 7
orang nasabah Pegadaian Cabang Belopa. Sumber data dalam penelitian ini terdiri
dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data
melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa. Pertama, layanan dengan sistem digital
berupa Aplikasi Pegadaian Digital Service menjadi langkah startegis untuk
meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah pegadaian Cabang Belopa, hal ini
dibuktikan dengan layanan digital pegadaian telah sesuai dengan indikator kualitas
layanan, baik dari segi bukti fisik layanan, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan
empati, beberapa nasabah yang menggunakan layanan digital pegadaian
memberikan respon sangat puas dengan kemudahan yang diberikan melalui sistem
digital berupa Aplikasi Pegadaian Digital Service telah sesuai dengan keinginan dan
harapan nasabah, yaitu memberikan kenyaman dalam bertransaksi secara mudah,
dan cepat. Namun, dalam penerapannya masih belum berjalan secara efektif
dikarenakan masih banyak nasabah yang lebih memilih melakukan transaksi secara
manual di kantor pegadaian. Kedua, hambatan dan solusi dari implementasi sistem
digital pegadaian, dalam penerapannya layanan ini memiliki beberapa hambatan
yang mengakibatkan layanan dengan sistem digital ini belum dapat berjalan secara
maksimal adapun hambatan yang ditemui yaitu gagalnya proses transaksi
dikarenakan terkendala jaringan dan ganguan sistem, masih banyak nasabah yang
gagap teknologi, dan memori penyimpanan handphone nasabah kurang memadai.
Untuk setiap hambatan yang ditemui, penyedia layanan memberikan solusi efektif
untuk mengatasi berbagai hambatan dalam implementasi sistem digital pada
Pegadaian Cabang Belopa.
Kata Kunci: Implementasi, Kualitas Layanan, Pegadaian, Sistem Digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:13
Last Modified: 14 Nov 2024 01:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9527

Actions (login required)

View Item View Item