STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN (STUDI PADA WISATA RADDA KABUPATEN LUWU)

Fadila, Beby (2024) STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN (STUDI PADA WISATA RADDA KABUPATEN LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
BEBY FADILA, 2024. “Strategi Pemasaran Destinasi Wisata dalam
Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Studi Pada Wisata Radda
Kabupaten Luwu)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhammad Alwi.
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran destinasi wisata dalam
meningkatkan jumlah wisatawan pada wisata radda Kabupaten Luwu. Sehingga
tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pemasaran destinasi
wisata dalam meningkatkan jumlah wisatawan pada wisata radda Kabupaten
Luwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif,
sedangkan jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (field
research). Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan untuk
mendapatkan data yang objektif dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antar lain pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian yang telah dilakukan maka kesimpulan penelitian ini menunjukkan
bahwa 1). Strategi pemasaran Taman Wisata Radda untuk meningkatkan jumlah
wisatawan meliputi penetapan harga yang terjangkau, peningkatan fasilitas seperti
kolam renang dan area piknik, aksesibilitas yang baik, dan promosi aktif di media
sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Selain promosi digital,
rekomendasi dari pengunjung juga mendukung peningkatan kesadaran tentang
taman wisata ini. Berdasarkan analisis SWOT, strategi alternatif untuk Taman
Wisata Radda adalah strategi SO (Strength-Opportunity) Strategi ini meliputi
pengembangan fasilitas baru yang menarik dan harga terjangkau untuk
meningkatkan minat wisatawan serta memanfaatkan aksesibilitas yang baik dan
promosi melalui media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran. Selain itu,
peningkatan kualitas fasilitas yang ada dan promosi yang intensif di platform
digital akan memperkuat daya tarik taman, meningkatkan kepuasan pengunjung,
dan memperluas visibilitas serta jangkauan pasar. 2). Faktor hambatan dalam
meningkatkan jumlah wisatawan di Taman Wisata Radda Kabupaten Luwu
meliputi kurangnya kerjasama antara pengelola wisata dan pemerintah setempat,
yang mengakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang destinasi
pariwisata di daerah tersebut. Di sisi lain, faktor pendukung dalam meningkatkan
jumlah kunjungan termasuk kemajuan teknologi yang memungkinkan promosi
yang luas, serta penyediaan fasilitas dan layanan yang menarik di Taman Wisata
Radda, yang dapat meningkatkan minat dan pengalaman positif bagi pengunjung.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Destinasi, Wisatawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:03
Last Modified: 15 Nov 2024 02:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9538

Actions (login required)

View Item View Item