PERAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 4 PAKUE UTARA

AMALIA, AMALIA (2024) PERAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 4 PAKUE UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Amalia, 2024. “Peran Kecerdasan Spiritual dalam membentuk Sikap Disiplin
Siswa di SD Negeri 4 Pakue Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hasbih dan Muh Ihsan
Skripsi ini membahas tentang Peran Kecerdasan Spiritual dalam
membentuk Sikap Disiplin Siswa di SD Negeri 4 Pakue Utara. Penelitian ini
bertujuan untuk Mengetahui Untuk Tingkat kecerdasan spiritual siswa di SD
Negeri 4 Pakue Utara, Kontribusi kecerdasan spiritual dalam membentuk sikap
disiplin siswa di SD Negeri 4 Pakue Utara dan faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan kecerdasan spiritual siswa di SD Negeri 4 Pakue Utara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini yaitu penelitian
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan
Guru. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan 3 hal. Pertama, kecerdasan spiritual siswa
di SD Negeri 4 Pakue Utara telah tertanam dengan baik, tercermin dalam sikap
menghormati, kepedulian terhadap sesama, dan integritas yang tinggi, . Siswa juga
menunjukkan tingkat empati yang baik melalui partisipasi aktif dalam kegiatan
sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta menunjukkan kerendahan
hati dengan sikap tidak sombong, kerjasama yang baik, dan keterbukaan untuk
belajar dari pengalaman serta pendapat orang lain. Kedua Kecerdasan spiritual di
SD Negeri 4 Pakue Utara berperan penting dalam membentuk sikap disiplin siswa.
Komitmen siswa terhadap nilai-nilai moral dan etika tercermin dalam perilaku
mereka sehari-hari, seperti dalam pengendalian diri dan pengambilan keputusan.
Contoh konkret dari pengendalian diri termasuk kemampuan siswa untuk menahan
diri dari gangguan saat belajar, seperti tidak berbicara atau bermain saat jam
pelajaran, dan menjaga ketenangan saat menghadapi konflik dengan teman sekelas.
Selain itu, mereka menunjukkan tanggung jawab dengan menyelesaikan tugas-
tugas sekolah tepat waktu dan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh sekolah.
Dalam hal pengambilan keputusan, siswa yang memiliki kecerdasan spiritual
cenderung mempertimbangkan dampak tindakan mereka terhadap orang lain dan
membuat keputusan yang mencerminkan rasa hormat dan empati. Misalnya, siswa
memilih untuk membantu teman yang membutuhkan atau menyelesaikan tugas
kelompok dengan penuh tanggung jawab. Ketiga faktor internal yang
mempengaruhi perkembangan kecerdasan spiritual siswa di SD Negeri Pakue Utara
mencakup dukungan lingkungan keluarga, pengajaran moral dan spiritual oleh
guru, suasana sekolah yang kondusif, serta kepribadian dan pengalaman pribadi
siswa. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan
spiritual siswa meliputi interaksi sosial yang mendukung di lingkungan sekolah,
partisipasi dalam kegiatan keagamaan di komunitas lokal, serta dukungan dari
masyarakat yang menghargai nilai-nilai spiritual.
Kata Kunci : Kecerdasan Spritual, Karakter, Sikap Disiplin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:23
Last Modified: 18 Nov 2024 03:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9561

Actions (login required)

View Item View Item