JUMIATI, JUMIATI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA ANIMASI PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK HARAPAN PAMMANU KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (783kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text
REPO.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jumiati, 2024. “Peningkatan Kemampuan Minat Belajar Anak Usia Dini Melalui
Media Animasi Pada Peserta Didik Kelompok B di TK Harapan
Pammanu Kelurahan Pammanu Kabupaten Luwu” Skripsi
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Dr. Taqwa, M.Pd.I dan Rosdiana, ST.,M.Kom.
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Kemampuan Minat Belajar Anak Usia
Dini Melalui Media Animasi Pada Peserta Didik Kelompok B di TK Harapan
Pammanu Kelurahan Pammanu Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan minat belajar peserta didik kelompok B sebelum
menggunakan media animasi di TK Harapan Pammanu, untuk mengetahui
pelaksanaan penggunaan media animasi pada peserta didik kelompok B di TK
Harapan Pammanu, untuk mengetahui apakah media animasi dapat meningkatkan
kemampuan minat belajar peserta didik kelompok B di TK Harapan Pammanu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua
siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 4 kali pertemuan dan Siklus II yang terdiri dari 4
kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Harapan Pammanu
Tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki
dan 12 anak perempuan. Metode pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan
Penerapan Media Animasi untuk meningkatkan Kemampuan Minat Belajar Anak
Usia Dini yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian
ini ditentukan dengan skor hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan kemampuan
minat belajar anak didik. Skor pada kondisi awal atau pra tindakan terdapat 6 orang
anak didik (30%) dalam kategori belum berkembang, terdapat 10 orang (50%)
dalam kategori mulai berkembang, dan 4 orang (20%) dalam kategori berkembang
sesuai harapan. Siklus I dengan rata-rata skor observasi, anak didik yang mulai
berkembang berjumlah 16 orang (80%), dan peserta didik yang berkembang
sesuai harapan berjumlah 4 orang (20%) . Siklus II dengan rata-rata skor observasi,
anak didik yang berkembang sesuai harapan berjumlah 3 orang (15%), dan peserta
didik yang berkembang sangat baik berjumlah 17 orang (85%). Dengan demikian,
penelitian tindakan kelas (PTK) ini berhasil sehingga peneliti merekomendasikan
meningkatkan minat belajar anak melalui media animasi.
Kata Kunci: Peningkatan, Media Animasi, Minat Belajar Anak
xxii
ABSTRACT
Jumiati, 2024. "Increasing Early Childhood Interest in Learning Ability through
Animation Media in Group B Students at Harapan Pammanu
Kindergarten, Pammanu Village, Luwu Regency" Thesis for
Early Childhood Islamic Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute.
Supervised by Dr. Taqwa, M.Pd.I and Rosdiana, ST., M.Kom.
This thesis discusses increasing the ability of early childhood interest in learning
through animation media in group B students at Harapan Pammanu
Kindergarten, Pammanu Village, Luwu Regency. This research aims to determine
the learning interest abilities of group B students before using animation media at
Harapan Pammanu Kindergarten, to determine the implementation of the use of
animation media among group B students at Harapan Pammanu Kindergarten, to
find out whether animation media can increase the learning interest abilities of
group B students. B student group at Harapan Pammanu Kindergarten. The type
of research used is Classroom Action Research (PTK), with two cycles, namely
Cycle I which consists of 4 meetings and Cycle II which consists of 4 meetings.
The subjects of this research were the group B children of Harapan Pammanu
Kindergarten for the 2023/2024 academic year, totaling 20 children, consisting of
8 boys and 12 girls. The problem solving method used is the application of
animation media to improve early childhood learning interest abilities obtained
from the results of observation and documentation. The success of this research is
determined by the research results scores which show an increase in students'
interst to learn abilities. The score in the initial or pre-action condition was that
there were 6 students (30%) in the not yet developing category, there were 10
students (50%) in the starting to develop category, and 4 students (20%) in the
developing according to expectations category. In cycle I, with the average
observation score, there were 16 students who were starting to develop (80%),
and there were 4 students who were developing according to expectations (20%).
Cycle II with the average observation score, there were 3 students who developed
according to expectations (15%), and 17 students who developed very well (85%).
Thus, this classroom action research (PTK) was successful so that the researchers
recommended increasing children's interest in learning through animation media.
Keywords: Improvement, Animation Media, Children's Interest in Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:10 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9565 |
Actions (login required)
View Item |