INTANI, ANDI YAYA (2024) MANAJEMEN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text
REPO.PDF Download (3MB) |
Abstract
Andi Yaya Intani, 2024. “Manajemen Literasi Digital dalam Pembelajaran
Informatika pada Unit Pelaksana Teknis Sekolah Menengah Atas Negeri 4
Luwu.” Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Instritut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Firmansyah dan Erwatul Efendi.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Literasi Digital dalam
Pembelajaran Informatika pada Unit Pelaksana Teknis Sekolah Menengah Atas
Negeri 4 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen
literasi digital dalam pembelajaran informatika di Unit PelaksanaTeknis Sekolah
Menengah Atas Negeri 4 Luwu. Faktor pendukung dan faktor penghambat literasi
digital dalam pembelajaran informatika di Unit Pelaksana Teknis Sekolah
Menengah Atas Negeri 4 Luwu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data
merupakan hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah
kurikulum, tenaga pendidik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan teknik uji triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi
data, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) Manajemen literasi digital di Unit
Pelaksana Teknis Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Luwu berjalan cukup baik
meskipun perencanaan yang belum maksimal, pengorganisasian masih belum
sesuai dengan bidangnya khususnya pada pembelajaran informatika, pelaksanaan
berjalan cukup efektif, dan pengawasan yang dilakukan cukup baik meskipun
terdapat beberapa kendala yang dihadapi. 2) Faktor pendukung literasi digital di
UPT SMA Negeri 4 Luwu, yaitu adanya guru Informatika, sarana dan prasarana
yang memadai seperti laboratorium komputer lengkap dengan komputernya yang
dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan literasi digital dalam pembelajaran
Informatika. Adapun faktor penghambat yaitu jaringan internet yang tidak stabil.
Tingkat penetrasi internet di sekolah masih belum mampu mengikuti kemampuan
literasi digital yang baik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Peneliti melihat
guru belum cukup menguasai tentang media IT, karena guru yang di kelas tidak
sesuai dengan bidangnya. Sehingga mempengaruhi perkembangan pemahaman
peserta didik terkait dengan literasi digital. Selain itu, internet tidak dapat
menjangkau keseluruhan kelas serta tidak ada kewajiban dari pihak sekolah untuk
mengajar menggunakan media IT.
Kata Kunci: Manajemen, Literasi Digital
xix
ABSTRACT
Andi Yaya Intani, 2024. “Digital Literacy Management in Informatics Learning
at the Technical Implementation Unit of State Senior High School 4
Luwu.” Thesis of Islamic Education Management Study Program, Faculty
of Tarbiyah and Teaching Science, Palopo State Islamic Institute.
Supervised by Firmansyah and Erwatul Efendi.
This thesis discusses the Management of Digital Literacy in Informatics
Learning at the Technical Implementation Unit of the State Senior High School 4
Luwu. This study aims to determine how digital literacy management in
informatics learning at the Technical Implementation Unit of the State Senior
High School 4 Luwu. Supporting factors and inhibiting factors for digital literacy
in informatics learning at the Technical Implementation Unit of the State Senior
High School 4 Luwu.
This research uses a descriptive qualitative approach. Data sources are the
results of interviews with principals, vice principals of curriculum, teaching staff,
and students. Data collection techniques through observation, interviews, and
documentation studies. Data validity check using triangulation test technique.
Data analysis techniques used data reduction, data interpretation, and conclusion
drawing.
The research results show; 1) Digital literacy management at the Luwu
State High School 4 Technical Implementation Unit is running quite well even
though the planning is not optimal, the organization is still not in accordance with
the field, especially in informatics learning, the implementation is running quite
effectively, and the supervision is quite good even though there are several
obstacles faced. 2) Supporting factors are Informatics teachers, adequate facilities
and infrastructure such as computer laboratories complete with computers that can
support the successful implementation of digital literacy in Informatics learning.
The inhibiting factor is the unstable internet network. The level of internet
penetration in schools is still not able to follow good digital literacy skills and is
easily understood by students. Researchers see that teachers have not mastered
enough about IT media, because teachers in the classroom are not in accordance
with their fields. So that it affects the development of students' understanding
related to digital literacy. In addition, the internet cannot reach all classes and
there is no obligation from the school to teach using IT media.
Keywords: Management, Digital Literacy
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 651.8 Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:46 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9571 |
Actions (login required)
View Item |