PENGARUH EKONOMIS DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI PALOPO

Anggraeni, Indah (2024) PENGARUH EKONOMIS DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Anggraeni, 2024 “Pengaruh Ekonomis Dan Religiusitas Terhadap Minat
Masyarakat Dalam Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia
DiPalopo” Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Di Bimbing Oleh Nur Amal Mas, S.E.Sy., M.E.Sy
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomis dan religiusitas
terhadap minat masyarakat dalam menjadi nasabah bank syariah Indonesia
dipalopo. Dalam konteks perkembangan industri perbankan syariah yang semakin
pesat sehingga penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan
industri perbankan syariah di Indonesia. Bank syariah perlu fokus pada strategi
yang dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan menawarkan produk
dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai religius mereka. Jenis
penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan penelitian ini
menggunakan teknik pengukuran skala likert, dianalisis menggunakan model
regresi linear berganda, responden penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah
Indonesia KCP Ratulangi Palopo, untuk pengambilan sampel penelitian adalah
dengan menggunakan rumus slovin. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2024.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan berkorelasi
positif antara ekonomis (X1) terhadap minat masyarakat dalam menjadi nasabah
(Y), hal ini dapat diketahui nahwa nilai Thitung > Ttabel. Dan hasil penelitian
selanjutnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan berkorelasi
positif antara religiusitas (X2) terhadap minat masyarakat dalam menjadi nasabah
(Y), hal ini dapat diketahui nilai Thitung > Ttabel. Selanjutnya penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan berkorelasi positif terhadap
minat masyarakat dalam menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia Dipalopo. Hal
ini dapat diketahui Fhitung > Ftabel. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha
diterima, atau bisa diartikan variabel X1 (Ekonomis) dan variabel X2
(Religiusitas) secara simultan berpengaruh signifikan dan berkorelasi positif
terhadap variabel Y (Minat Nasabah).
Kata Kunci: Ekonomis, Religiusitas, Minat, BSI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:30
Last Modified: 19 Nov 2024 01:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9582

Actions (login required)

View Item View Item