PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINYAK GORENGBIMOLIPASAR TRADISIONAL BUA KABUPATEN LUWU

Husein, Arif Muhammad (2024) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINYAK GORENGBIMOLIPASAR TRADISIONAL BUA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Arif Muhammad Husein, 2023. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Minyak Goreng Bimoli di Pasar tradisional Bua
Kabupaten Luwu”.Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Burhan Rifuddin, SE., M.M.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan
pembelian produk miyak goreng bimoli dipasar tradisonal bua kabupaten luwu.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap keputusan
pembelian produk minyak goreng merek bimoli. Jenis penelitian kuantitatif.
penelitian dilakukan di pasar tradisional bua kabupaten luwu pada bulan agustus
2023. Subjek penelitian ibu rumah tagga biasa/pegawai. Pengumpulan data dilakukan
dengan membagikan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelian ini diperoleh dengan
menggunakan kuesioner dimana kuesiner yang digunakan pada penelian ini
berjumlah 95.Penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana yaitu perilaku
konsumen sebagai variabel bebas (independen) dan keputusan pembelian sebagai
variabel bebas (dependen). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji
reabilitas, analisis regresi linear, dan uji persial (uji t). berdasarkan analisis
pernyataan kuesiner yang berjumlah 20 item pernyataan, perilaku konsumen yang
paling kuat adalah pernyataan ke sepulu dengan nilai sebesar 585 dan variabel
keputusan pembelian yang paling kuat terdapat di pernyataan ke tujuh dengan nilai
751. Berdasarkan uji persial (uji t) diperoleh nilai thitung sebesar 3.607 > ttabel 1.98525
serta memiliki tingkat signifikan sebesar 22.543 yang artinya variabel perilaku
konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk
minyak goreng bimoli sehingga hopotesis dapat dikatakan diterima. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen (X) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada pasar tradisional bua.
Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa hipotesis yang diajukan yang
menyatakan diduga ada pengaruh positif perilaku konsumen dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada pasar tradional bua.
Kata kunci: perilaku konsumen, keputusan pembelian, pasar tradisional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.15 Manajemen Keuangan
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:10
Last Modified: 19 Nov 2024 02:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9585

Actions (login required)

View Item View Item