PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM MAKANAN DI KELURAHAN LAMASI

Asita, Asa (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM MAKANAN DI KELURAHAN LAMASI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Asa Asita, 2024. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Inovasi Produk terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM Makanan Di Kelurahan
Lamasi”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani, ST., M.M.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Inovasi Produk
terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM Makanan Di Kelurahan
Lamasi. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas produk (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh harga (X2) terhadap keputusan pembelian
(Y) konsumen untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk (X3)
terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen pada UMKM makanan di kelurahan
lamasi dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk (X1),
harga (X2), dan inovasi produk (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen
pada UMKM makanan di kelurahan lamasi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh kualitas produk,
harga dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM
Makanan di kelurahan Lamasi. Populasinya terdiri dari 2.993 orang. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan penentuan jumlah sampel
dilakukan dengna teknik rumus slovin. Sampel yang digunakan sebanyak 97
responden. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi.
Selanjutnya data penelitian ini diolah dengan analisis regresi linear berganda, uji t,
uji F, dan uji koefisien detreminasi.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1)
bepengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) konsumen,
variabel Harga (X2) berpengaruh positif dan sinifikan terhadap Keputusan
Pembelian (Y) dan Inovasi Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y) konsumen. Variabel Kualitas Produk (X1),
Harga (X2), dan Inovasi Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian (Y) konsumen. Adapun kemampuan Kualitas Produk (X1), Harga (X2),
dan Inovasi Produk (X3) dalam menjelaskan perubahan pada Keputusan Pembelian
(Y) Konsumen yaitu sebesar 70,7% dan sisanya sebesar 29,3% dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Harga, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.15 Manajemen Keuangan
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:04
Last Modified: 19 Nov 2024 08:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9596

Actions (login required)

View Item View Item