ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (STUDI MASYARAKAT DESA BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA)

Nurhaliza, Siti (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (STUDI MASYARAKAT DESA BALIASE KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Nurhalza, 2024 “ Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat
masyarakat menjadi nasabah di bank syariah (sudi masyarakat
di desa Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara)”.
Skripsi program studi perbankan syariah , Fakulats ekonomi
dan bisnis islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Pembimbing (I) Ilham, S.Ag.,MA.
Skripsi ini membahas tentang analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat
masyarakat menjadi nasabah di bank syariah (sudi masyarakat di desa
Baliase Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara), penelitian ini bertujuan
untuk (1) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh dari persepsi terhadap
minat masyarakat untuk menjadi nasabah di bank syariah, (2) untuk menganalisis
dan mendeskripsikan pengaruh dari pengetahuan terhadap minat masyarakat
untuk menjadi nasabah di bank syariah. (3) untuk menganalisis dan
mendeskripsikan pengaruh dari promosi terhadap minat masyarakat untuk
menjadi nasabah di bank syariah. (4) untuk menganalisis dan mendeskripsikan
pengaruh dari persepsi, pengetahuan, dan promosi terhadap minat masyarakat
untuk menjadi nasabah di bank syariahJenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan populasi atau sampel tertentu,
teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, koesioner/angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh antara
variabel Persepsi (X
1
) terhadap variabel Minat Masyarakat (Y) dimana T
hitung < Ttabel atau 0.328 < 2.03 dan nilai Sig 0.745 > 0.05. (2) terdapat
pengaruh antara variabel pengetahuan (X
2
) terhadap variabel minat kerja (Y)
dimana Thitung > Ttabel atau 3.498 > 2.03 dan nilai Sig 0.000 < 0.05. (3)
terdapat pengaruh antara variabel Promosi (X
3
) terhadap variabel minat kerja
(Y) dimana Thitung > Ttabel atau 2.570 > 2.03 dan nilai Sig 0.001 < 0.05.
(4) R square sebesar 0.614 atau 61.4%. hal ini menunjukkan bawa persentase
sumbangan dari pengaruh variabel independen yaitu persepsi (X
1
),
pengetahuan (X
2
) dan promosi (X3
) terhadap variabel dependen yaitu Minat
Masyarakat (Y) sebesar 61.4% sedangkan sisanya sebesar 38.6% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Persepsi, Pengetahuan, Promosi dan Minat masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:54
Last Modified: 21 Nov 2024 01:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9617

Actions (login required)

View Item View Item