PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 2 LAMASI

Tungga', Ummul Budiwati (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 2 LAMASI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Ummul Budiwati Tungga’, 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik
Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMPN 2
Lamasi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hj. A. Riawarda Dan Muhammad Ihsan.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berbasis
multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar, penelitian ini dilatar
belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran, metode yang sering
digunakan adalah metode ceramah dimana metode ini sangat membosankan bagi
peserta didik sehingga peserta didik banyak yang tidak memperhatikan saat guru
menjelaskan pembelajaran. Minimnya media pembelajaran yang digunakan guru
saat proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran masih sebatas pada
penggunaan papan tulis dan buku paket saja. Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk
mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan
minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII
di SMPN 2 Lamasi, 2) Untuk mengetahui kevalidan dan praktikalitas bahan ajar
berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 2 Lamasi.
Jenis penelitian yang saya gunakan yaitu penelitian dan pengembangan
(research and development), Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE
yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (perancangan),
development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation
(evaluasi). Dalam penelitian ini lokasi penelitian yang dipilih adalah Sekolah
Menengah Pertama Negeri 2 Lamasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII di SMPN 2 Lamasi dan objek penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis
multimedia interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara
dan angket. Teknik analisis data ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil validasi Media diperoleh 93%
dengan kategori sangat valid, hasil validasi Materi diperoleh 80% dengan kategori
valid. 2) hasil praktikalitas setelaha melakukan implementasi dengan memberikan
angket kepada peserta didik diperoleh 77% dengan kategori valid. Jadi dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif valid digunakan
dalam proses pembelajaran khususnya pada kelas VII SMPN 2 Lamasi.
Kata kunci: multimedia interaktif, bahan ajar, minat belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:42
Last Modified: 25 Nov 2024 02:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9638

Actions (login required)

View Item View Item