OPTIMALISASI POJOK BACA DALAM MENGUATKAN LITERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TOLALA KABUPATEN KOLAKA UTARA

Lestari, Mia (2024) OPTIMALISASI POJOK BACA DALAM MENGUATKAN LITERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TOLALA KABUPATEN KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mia Lestari, 2024. “Optimalisasi Pojok Baca dalam Menguatkan Literasi Siswa
pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
di Kelas IV SD Negeri 4 Tolala Kabupaten Kolaka Utara”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Sukirman dan Ervi Rahmadani.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui optimalisasi pojok baca
dalam menguatkan literasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dan budi pekerti di Kelas IV SD Negeri 4 Tolala; Untuk mengetahui minat literasi
siswa setelah diterapkannya pojok baca di kelas IV SD Negeri 4 Tolala; Untuk
mengetahui bentuk hubungan penerapan pojok baca dengan penguatan literasi
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SD Negeri 4
Tolala.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
subjek penelitian guru kelas IV, guru Pendidikan Agama Islam, staf unit
perpustakaan dan empat siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan
mengecek kesesuaian data yang diperoleh dengan kajian yang telah ditetapkan
sebelumnya. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi
data.
Berdasarkan hasil analisis data maka ditemukan bahwa pelaksanaan
pojok baca di SD Negeri 4 Tolala telah berhasil meningkatkan minat baca siswa.
Namun, untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti belum
optimal, hal ini karena ketersediaan buku agama Islam masih terbatas. Minat baca
siswa kelas IV SD Negeri 4 Tolala menunjukkan peningkatan setelah adanya
pojok baca yang dilengkapi dengan desain menarik, buku beragam dan dorongan
dari guru. Bentuk hubungan penerapan pojok baca dengan penguatan literasi pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SD Negeri 4 Tolala
menunjukkan hubungan positif.
Kata Kunci: Pojok baca, literasi, Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 25 Nov 2024 06:24
Last Modified: 25 Nov 2024 06:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9641

Actions (login required)

View Item View Item