PENGARUH MEDIA TYPEWRITER ALPHABET DIGITAL BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI SDN 23 BATARA PALOPO

Wahyuni, Wahyuni (2024) PENGARUH MEDIA TYPEWRITER ALPHABET DIGITAL BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI SDN 23 BATARA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of repository.PDF] Text
repository.PDF

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahyuni , 2024. “Pengaruh Media Typewriter Alphabet Digital Berbantuan Audio
Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Siswa Kelas 1 SDN 23 Batara” Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf
dan Mirnawati”.
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penerapan media typewriter
alphabet digital berbantuan audio visual untuk meningkatkan kemampuan
membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 23 Batara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 23 Batara
sebelum menggunakan media typewriter alphabet digital berbantuan audio visual,
ntuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa setelah menggunakan
media typewriter alphabet digital berbantuan audio visual, serta untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media typewriter alphabet
digital berbantuan audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan siswa
kelas 1 SDN 23 Batara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre�Eksperimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest
Design. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 23
Batara kota palopo yang berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas 1 SDN 23 Batara kota palopo yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penlitian ini adalah tes hasil kemampuan membaca permulaan
dalam bentuk soal pretest-posttest. Data yang terkumpul diolah dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata nilai (pretest)
sebesar 66,85 dan rata-rata nilai (posttest) sebesar 90 yang dikategorikan sangat
tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji�t dengan nilai signifikan (2 tailed) < 0,05 yaitu < 0,000 berarti H0 ditolak dan H1
diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara penerapan media typewiter alphabet digital berbantuan audio visual terhadap
kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 23 Batara.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Typewriter Alphabet Digital, Membaca
Permulaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 25 Nov 2024 08:23
Last Modified: 25 Nov 2024 08:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item