EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 PALOPO

NENGSIH, KURNIA (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Kurnia Nengsih, 2024. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Diskursus
Multi Representasi (DMR) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Sitti
Zuhaera Thalhah dan Megasari.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran
Diskursus Multi Representasi (DMR) dalam Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik yang memperoleh pelajaran
dengan menggunakan model DMR, kemampuan komunikasi matematis peserta
didik yang memperoleh pelajaran dengan model DMR, kemampuan komunikasi
matematis peserta didik yang tidak memperoleh pelajaran dengan menggunakan
model DMR. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan model
DMR dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas
VIII SMP Negeri 5 Palopo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperiment dengan tipe
pre-tes and post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari
3 kelas dengan jumlah peserta didik 79. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik cluster random sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas dengan
jumlah sampel 52 orang peserta didik. Data diperoleh melalui observasi dan tes.
Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dan guru
terhadap keterlaksanaan model pembelajaran DMR berada pada kategori “sangat
baik”. Model DMR efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis peserta didik. Jadi model DMR dapat menjadi salah satu model yang
diterapkan dalam pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis peserta didik.
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi,
Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Nov 2024 01:59
Last Modified: 26 Nov 2024 01:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9645

Actions (login required)

View Item View Item