ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH KOTA PALOPO

HASTUTI, SRI (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Hastuti, 2022. “Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Pada
Pegadaian Syariah Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Hendra Safri.
Skripsi ini membahas tentang kualitas layanan dan kepuasan nasabah pada
pegadaian syariah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas
layanan dan kepuasan nasabah pada pegadaian syariah Kota Palopo. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga alur
kegiatan yang terjadi secara langsung bersamaan yaitu data, penyajian data dan
kesimpulan, penarikan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
layanan pada pegadaian syariah baik. Pegadaian syariah dalam menjalin
hubungan dengan nasabah menerapkan sistem kekeluargaan yang di dalamnya
terdapat unsur reliabilitas yang baik, daya tanggap yang baik, sikap empati yang
tinggi terhadap nasabah, jaminan kepuasan pelayanan dan fasilitas yang baik
terhadap nasabah. Hasil penelitian di atas terkait standar kepuasan nasabah di
pegadaian syariah Palopo dapat disimpulkan bahwa standar kepuasan
nasabah terukur dari kemudahan nasabah dalam bertransaksi pada pegadaian
syariah. Nasabah pada pegadaian syariah secara garis besar merasakan kepuasan
terhadap pelayanan yang diberikan dengan alasan bahwa karyawan pegadaian
syariah ramah, sopan santun, dan baik terhadap nasabah. Namun yang menjadi
saran kepada pihak pegadaian syariah adalah jangkauan layanannya harus
diperluas sampai kepada pelosok.
Kata Kunci : kualitas layanan, kepuasan nasabah, pegadaian syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2024 00:51
Last Modified: 28 Nov 2024 00:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9665

Actions (login required)

View Item View Item