PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA TIKET DAN FASILITAS YANG TERSEDIA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA WATERBOOM BUNTU PASIK DI KECAMATAN LAROMPONG

NURSANA, NURSANA (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA TIKET DAN FASILITAS YANG TERSEDIA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA WATERBOOM BUNTU PASIK DI KECAMATAN LAROMPONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
xxi
Nursana, 2024 “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Tiket dan Fasilitas yang
Tersedia Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata
Waterboom Buntu Pasik Di Kecamatan Larompong”. Skripsi
Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Abdul Kadir Arno.
Penelitian Ini Membahas Tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Tiket Dan
Fasilitas Yang Tersedia Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Waterboom
Buntu Pasik Di Kecamatan Larompong. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, harga tiket dan fasilitas yang tersedia
terhadap kepuasan pengunjung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini diambil dari
orang orang yang telah berkunjung atau sedang berkunjung pada waterboom buntu
pasik, dengan menarik sampel sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan teknik sampling incidental. Data diperoleh melalui:
observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Selajutnya, data penelitian ini dianalisis
dengan analisis regresi linear berganda yang dihitung menggunakan bantuan
program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan
pada uji-t menunjukkan nilai t hitung < t tabel (1,138 < 1, 985) dan signifikansi
(0,258>0,05), jadi variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap
Kepuasan Pengunjung. Untuk variabel Harga Tiket pada uji-t menunjukkan nilai t
hitung > t tabel (3,109 > 1, 985) dan signifikansi (0,002<0,05), jadi variabel Harga
Tiket berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung. Untuk variabel Fasilitas pada
uji-t menunjukkan nilai t hitung > t tabel (6,411 > 1, 985) dan signifikansi
(0,000<0,05), jadi variabel fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung.
Variabel Kualitas Pelayanan, Harga Tiket Dan Fasilitas yang tersedia berpengaruh
secara simultan terhadap Kepuasan Pengunjung dapat dilihat dari nilai F hitung >
F tabel sebesar 92,754>2,70. Hasil koefisien determinasi menunjukkan pengaruh
Kualitas Pelayanan, Harga Tiket Dan Fasilitas yang tersedia sebesar 74,3%
sedangkan 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian
ini.
Kata Kunci: Fasilitas, Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengujung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2024 01:09
Last Modified: 28 Nov 2024 01:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9669

Actions (login required)

View Item View Item