PENGARUH MOTIVASI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH RUMAH KOST DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MARIYANTI, MARIYANTI (2024) PENGARUH MOTIVASI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH RUMAH KOST DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mariyanti, 2024. "Pengaruh Motivasi Dan Kelompok Referensi Terhadap
Keputusan Mahasiswa Memilih Rumah Kost Dalam Prespektif
Ekonomi Islam". Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Nurfadilah.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh motivasi dan kelompok referensi
terhadap keputusan mahasiswa memilih rumah kost dalam perspektif ekonomi
islam Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Untuk mengetahui apakah motivasi
berpengaruh secara parsial terhadap keputusan memilih rumah kost pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Palopo. (2) Untuk
mengetahui apakah kelompok referensi berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan memilih kos pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan bisnis Islam IAIN
Palopo. (3) Untuk mengetahui apakah motivasi, dan kelompok referensi
berpengaruh secara simultan terhadap keputusan memilih rumah kost pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
kuesioner sebagai pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini berjumlah 77
orang responden. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Hasil uji-t (Parsial) motivasi (X1)
berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih rumah kost (Y). Hal ini
dibuktikan dengan nilai dari t-hitung variabel motivasi adalah 5.962, yang artinya
t-hitung 5.962 > t-tabel 1,9925 dengan nilai tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Maka
dapat dikatakan bahwa H1 atau hipotesis pertama diterima, berpengaruh signifikan
terhadap keputusan mahasiswa memilih rumah kost (2) hasil uji-t (parsial)
kelompok referensi (X2) berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih
rumah kost (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung variabel kelompok
referensi adalah 6.202, yang artinya t-hitung 6.202 > t-tabel 1,9925 dengan nilai
tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa H2 atau hipotesis
kedua diterima, berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih
rumah kost. Maka, hipotesis atau H2 diterima. (3) Hasil uji-F (Simultan) motivasi
(X1), dan kelompok referensi (X2) dan secara simultan berpengaruh terhadap
keputusan mahasiswa memilih rumah kost (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai sign
0,000 < 0,05 dan nilai F-hitung 94,436 > F-tabel 3.12, sehingga dapat disimpulkan
bahwa varibel motivasi (X1), dan kelompok referensi (X2) secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan mahasiswa memilih rumah
kost (Y).
Kata Kunci: Kelompok Referensi, Keputusan Mahasiswa, Motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2024 01:20
Last Modified: 28 Nov 2024 01:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9675

Actions (login required)

View Item View Item